Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Domberai
  3. Lebih dari seribu OAP jadi tenaga kerja proyek Tangguh Train 3
  • Kamis, 13 Desember 2018 — 08:44
  • 1875x views

Lebih dari seribu OAP jadi tenaga kerja proyek Tangguh Train 3

Masyarakat yang dilibatkan yakni yang bermukim di 62 Kampung yang terkena dampak Train 3 di Teluk Berau dan Teluk Bintuni.
Paskalina Jamlean, Kepala dinas tenaga kerja dan transmigrasi Papua Barat. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Manokwari, Jubi - Perwakilan SKK Migas wilayah Papua dan Maluku bersama BP Indonesia menginformasikan bahwa proyek pengembangan tangguh Train 3 telah melibatkan masyarakat Papua sebagai tenaga kerja selama masa konstruksi.

Masyarakat yang dilibatkan yakni yang bermukim di 62 Kampung yang terkena dampak Train 3 di Teluk Berau dan Teluk Bintuni. Selain itu ada pula dari Kabupaten Bintuni, Fakfak, Sorong dan Manokwari, sebagaimana diatur dalam AMDAL dan UU Otonomi Khusus.

Budi Hermawan, Tangguh Suistainablility Project mengatakan, sampai akhir 30 November 2018, perusahaan internasional itu telah merekrut sebanyak 1.655 pekerja asli Papua yang direkrut dari empat Kabupaten yang menjadi basis/dampak perusahaan tersebut yaitu Kabupaten Teluk Bintuni, Fakfak, Sorong dan Manokwari.

Dia menjelaskan, sebanyak 529 pekerja merupakan pekerja yang direkrut dari masyarakat yang tinggal di 62 Kampung yang terkena dampat Train 3 di Teluk Berau dan Teluk Bintuni. Dengan rincian 219 pekerja unskilled, 270 pekerja semi skilled, dan 38 pekerja skilled, termasuk dua pekerja posisi supervisor/manajerial.

Selanjutnya, pekerja yang direkrut dari Kabupaten Bintuni dan Fakfak sebanyak 250 pekerja dengan komposisi 91 pekerja unskilled, 260 pekerja semi skilled dan 167 pekerja skilled termasuk dua pekerja supervisor/manajerial.

"Sementara 606 pekerja lainnya adalah orang asli Papua dari kabupaten/kota lainnya di Provinsi Papua dan Papua Barat dengan komposisi, 11 pekerja unskilled, 244 pekerja semis skilled,  329 pekerja skilled dan 22 pekerja manajerial dan supervisor,” ujarnya dalam konferensi pers di Manokwari, Rabu (12/12/2018).

Selain rekrutmen tenaga kerja, lanjut Budi, Tangguh LNG juga berkomitmen melatih karyawan lokal masyarakat asli dan Papua melalui mitra kerja Tangguh CSTS yang bekerjasama dengan Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas (P2TIM) Kabupaten Teluk Bintuni.

"Sampai dengan November 2018, kami telah memberikan pelatihan kepada 612 karyawan asli Papua. Dan P2TIM sedang dalam proses merekrut tenaga kerja sebanyak 36 orang lulusan untuk mengisi posisi sesuai keahlian masing-masing di proyek Train 3,” ujarnya.

Ditambahkan, rekrutmen tenaga kerja adalah satu dari 12 manfaat kehadiran SKK Migas di tanah Papua, dan salah satu manfaat lainnya yaitu Dana Bagi Hasil (DBH) Migas yang sudah dinikmati oleh Papua Barat.

Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Papua Barat Paskalina Jamlean mengatakan, proses monitoring penyerapan tenaga kerja terus dilakukan dan disesuaikan dengan kebutuhan proyek  Train 3 BP Tangguh.

"Kami bekerja sesuai aturan yang ada yaitu berpedoman pada AMDAL, yaitu tenaga kerja yang diprioritaskan direkrut  dari 62 Kampung yang terkena dampak proyek Train 3 yaitu di Teluk Berau dan Teluk Bintuni. Selain itu direkrut juga dari Kabupaten Bintuni, Fakfak, Sorong dan Manokwari barulah direkrut dari luar empat daerah tersebutkan,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan, jumlah tenaga kerja untuk konstruksi Train 3 secara keseluruhan sebanyak 6.695 orang, dengan 1.655 adalah tenaga kerja OAP, dan  selisih dari itu adalah tenaga kerja dari luar yaitu tenaga kerja permanen dari kontraktor yang ada serta TKA (Tenaga Kerja Asing)  yang dibutuhkan untuk keahlian tertentu. (*)

loading...

Sebelumnya

Tak punya media center, Mandacan: Terima kasih wartawan ingatkan saya

Selanjutnya

Pemberian gelar adat, antara berkat dan kutuk

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe