TUTUP
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Otonomi
  3. Balthasar Kambuaya: Pendidikan dan kesehatan penting bagi OAP
  • Kamis, 13 Desember 2018 — 16:44
  • 601x views

Balthasar Kambuaya: Pendidikan dan kesehatan penting bagi OAP

Mantan Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, mengatakan pendidikan dan kesehatan penting bagi orang asli Papua (OAP) untuk mempersiapkan mereka menjadi pemimpin dan membangun negerinya sendiri.
Mantan Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya - Dok. Jubi
Alexander Loen
[email protected]
Editor : Dewi Wulandari
LipSus
Features |
Kamis, 31 Januari 2019 | 11:00 WP
Features |
Rabu, 30 Januari 2019 | 10:08 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Mantan Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, mengatakan pendidikan dan kesehatan penting bagi orang asli Papua (OAP) untuk mempersiapkan mereka menjadi pemimpin dan membangun negerinya sendiri.

"Intinya, kita harus menyiapkan orang Papua agar bisa membangun negeri ini. Jadi apa yang dilakukan gubernur lewat program 1000 hari kehidupan dan mengirim anak-anak Papua sekolah ke dalam maupun luar negeri sudah sangat tepat," kata Kambuaya, di Jayapura, pekan lalu. 

Ia tekankan kehadiran Otsus menjadi faktor kunci yang menolong Papua mewujudkan visi ini, baik kesehatan, pendidikan, ekonomi, maupun infrastruktur. 

"Otsus membantu pemimpin kita saat ini menyiapkan orang Papua menuju kebangkitan, lalu memimpin neger ini sendiri. Jangan terjemahkan bangkit lalu merdeka, tidak. Tapi merdeka dalam arti mampu berdiri," ujarnya.

Ia menilai pemimpin dimana saja satu periode itu tidak cukup. Teorinya, periode pertama kita hanya bisa mengerjakan 40 persen, harus ada periode kedua yang dituntaskan. Meskipun tidak sampai 100 persen, tapi 60-70 persen.

"Saya melihat apa yang sudah dirancang dan diletakkan saat ini sangat baik sampai saat ini, begitu juga soal pencapaian tapi masih banyak lagi yang perlu dibenahi sampai kepada level yang kita harapkan bersama," katanya.

Ia katakan, pesan spiritual Isack Samuel Kijne sudah sangat jelas, sehingga harus menjadi landasan kerja bagi semua pemimpin yang ada di tanah Papua.

"Kita tidak bilang orang lain tidak bisa memimpin di atas tanah ini, tapi ini menurut pesan misionaris begitu, harus orang Papua. Pesan tersebut sangat jelas "Biar orang pintar, berilmu, berhikmat datang ke negeri ini, tidak bisa, harus orang Papua bangkit menjadi pemimpin dan membangun tanah ini"," ujarnya.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, mengatakan pendidikan di kampung-kampung perlu ditata dan dicarikan model yang baik. Antara lain dengan membangun sistem guna mengurangi kesenjangan maupun ketidakseimbangan di dunia pendidikan.

"Hal ini penting dilakukan agar lulusan di kota dengan di kampung memiliki kualitas yang sama, sehingga mereka semua dapat berkompetisi dengan kompetensi yang sama dalam merebut peluang kerja," kata Enembe.

Untuk mewujudkan itu, ujar ia, keterbatasan yang ada jangan menjadi penghambat atau penghalang, tetapi harus dapat memacu semangat untuk bangkit menuju kemandirian guna meraih kesejahteraan bersama. 

"Untuk itu, saya mengajak semua pihak terkait untuk bersama melakukan perubahan agar Papua hari ini hingga ke depan dapat lebih maju dan tak sama dengan hari kemarin," ucapnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Wantimpres sarankan dana Otsus tetap berlanjut

Selanjutnya

Perusahaan di Papua diingatkan bayar THR 

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe