Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lingkungan
  3. Lestarikan hutan, 2000 bibit pohon ditanam di Kamp Wolker
  • Jumat, 14 Desember 2018 — 18:57
  • 1290x views

Lestarikan hutan, 2000 bibit pohon ditanam di Kamp Wolker

Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano, menegaskan pentingnya menjaga hutan dengan baik.
Pemerintah Kota Jayapura bersama warga sesaat sebelum menanam bibit pohon - Jubi/Ramah.
Ramah
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - 2000 bibit pohon ditanam di Kamp Wolker, Kelurahan Yabansai, Distrik Heram, untuk melestarikan hutan di wilayah setempat, Jumat (14/12/18). Kegiatan yang bertajuk gerakan "Save Kamp Wolker" ini dilakukan oleh sejumlah pihak.

Kepala Distrik Heram, Bobby J. E. Awi, mengatakan penanaman ini merupakan kegiatan swadaya dari Distrik Heram, BEM Uncen Jayapura, Badan Ketahanan Nasional Papua, KNPI Papua.

"Untuk meningkatkan kepedulian dari berbagai pihak akan pentingnya penanaman dan pemeliharaan pohon yang berkelanjutan dalam mengurangi dampak pemanasan global dan untuk mencapai pembangunan kota Jayapura yang hijau," katanya.

Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano, menegaskan pentingnya menjaga hutan dengan baik.

"2000 bibit pohon yang kami tanam, yaitu pohon matoa, pohon pinang, pohon mangga, pohon trambesi. Ada enam jenis pohon. Bibitnya dari Dewan Ketahanan Nasional Papua, dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura," jelasnya.

Meski cuaca mendung, ratusan warga dengan antusias menggali dan menanam bibit pohon. Bahkan ada yang menerjang kali Kamp Wolker, untuk bisa menyelamatkan hutan di wilayah setempat yang sebagian pohonnya sudah ditebang.

"Selama dua bulan kami sudah lakukan komunikasi kepada pihak terkait dan juga warga di Kamp Wolker untuk membantu menanam. Fungsi pohon menahan air sehingga tidak menyebabakan banjir," ungkapnya.

Tokoh masyarakat sekaligus anggota DPRD Kota Jayapura, Yan Onge, mengaku sangat bersyukur atas penanaman bibit pohon tersebut karena untuk memperbaiki hutan agar tetap menjaga debit air.

"Hutan perlu diperhatikan dengan baik dan dijaga dengan baik. Kita harus menghargai pohon karena merupakan tempat untuk berteduh dan menyimpan oksigen maka manusia memelihara dan menjaga hutan," katanya.

Sementara, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Frans Pekey, mengatakan melestarikan lingkungan harus dari semua pihak karena hutan dan alam merupakan sumber kehidupan.

"Kami memberikan apresiasi atas kegiatan swadaya yang sudah dilakukan ini. Tugas kita tidak hanya menanam tapi juga mengimbau dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar dijaga bersama-sama supaya tumbuh besar," tuturnya.

Berdasarkan catatan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura, kata Frans, debit air di Kota Jayapura tinggal 40 persen akibat dari penebangan hutan secara liar.

"Kalau musim kemarau, kali Kamp Wolker ini kering sehingga pasokan air ke masyarakat digilir. Jangan merusak mata air yang kita tinggal dan nikmati ini, kalau kita tebang pohon maka kita susah air, maka itu tolong jaga hutan ini," tegasnya.

Pada kesempatan ini, Frans mengusulkan harus ada hutan adat agar kelestarian hutan Kamp Wolker tetap terjaga, yakni melalui duduk bersama antara pemerintah, masyarakat adat, tokoh masyarakat dan dewan.

Seorang warga yang mendiami Kamp Wolker, Yogi Wanimbo, mengharapkan agar membuat pos gabungan untuk melakukan penjagaan.

"Sudah beberapa kali dilakukan penanaman pohon di Kamp Wolker ini. Habis tanam dibiarkan begitu saja. Masyarakat harus bersama-sama menjaga hutan sehingga bisa memberikan manfaat ekonomi, sosial dan manfaat lainnya," tegasnya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Pemerintah didesak selesaikan kejahatan lingkungan dan HAM

Selanjutnya

Butuh komitmen bersama lindungi kawasan Cycloop

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe