Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Otonomi
  3. Penyaluran Dandes di Yahukimo diklaim berjalan sesuai prosedur
  • Minggu, 16 Desember 2018 — 19:25
  • 523x views

Penyaluran Dandes di Yahukimo diklaim berjalan sesuai prosedur

Tranferan Dandes tahap pertama, kedua dan ketiga sudah dilakukan, yang mana tahun ini Kabupaten Yahukimo mendapat Rp370 miliar
Bupati Yahukimo, Papua Abock Busup - Dok.Jubi
Alexander Loen
Editor : Syam Terrajana

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi - Penyaluran Dana Desa (Dandes) tahun 2018, di Kabupaten Yahukimo diklaim sudah berjalan sesuai prosedur, dimana dana dari pusat masuk ke rekening pemerintah daerah selama 7 hari, setelah itu langsung didistribusikan ke 510 kampung.

Bupati Yahukimo Abock Busup, mengatakan pendistribusian Dandes ke masing-masing kampung dilakukan secara bertahap. Langsung ke rekening kampung, bukan ke perorangan maupun kelompok.

"Tahun ini kami sudah membentuk Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) dilengkapi dengan 12 orang.

Tranferan Dandes tahap pertama, kedua dan ketiga sudah dilakukan, yang mana tahun ini Kabupaten Yahukimo mendapat Rp370 miliar," kata Busup kepada wartawan, di Jayapura pekan kemarin.

Menurut ia, tahun depan Dandes untuk Yahukimo meningkat menjadi Rp452 miliar, dan pertanggungjawabannya sesuai dengan target program-program, dan pengawasannya dilakukan oleh pendamping distrik dan kampung.

"Kami juga ada merekrut pendamping kampung sebanyak 517 orang untuk ditempatkan di masing-masing kampung satu orang, dengan diberi upah minimum sebesar Rp1.020.000 per bulan, dengan harapan seluruh program bisa berjalan sesuai dengan jadwalnya, tidak boleh keluar dari jadwal," ujarnya.

Menyinggung soal kemajuan yang sudah terlihat, Abock Busup menyampaikan, saat ini di masing-masing kampung sudah ada balai desa dan perekonomian masyarakat sudah berjalan baik.

"Soal perekonomian, saat ini masyarakat sudah menanam buah merah, peternakan, Kopi Arabika, dan sayur-sayuran. Untuk sayuran, hasilnya di jual ke Wamena dengan menempuh jalan darat yang sudah terkoneksi," kata Busup.

"Sementara untuk kopi, ditanam di Kampung Tangma, yang akhirnya sebutan untuk daerah ini adalah Kampung Kopi. Begitu juga di Anggruk," sambungnya.

Dia menambahkan, apa yang dilakukan pihaknya bersama masyarakat kampung tujuannya hanya satu yakni, bagaiman bisa membangun kampung menjadi lebih baik dari segi apapun.

"Manfaat dana desa memang untuk itu, jadi tidak boleh lagi dibawa lari. Cara-cara seperti itu sudah kami hentikan dan kepala kampung yang melakukan cara itu sudah diberhentikan, jadi semua jelas karena sudah ditertibkan," ujarnya.

Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua, Agung Yulianta mengatakan alokasi anggaran belanja negara tahun 2019 di Papua sebesar Rp62 triliun.

Dari keseluruhan belanja negara tahun 2019 di Papua ini, sebesar Rp15,2 triliun dialokasikan untuk satuan kerja kementerian negara/lembaga sebanyak 630 DIPA, alokasi untuk satuan kerja K/L tersebut meningkat 5,7 persen.

Selanjutnya sebesar Rp46,88 Triliun berupa alokasi Tranfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) untuk provinsi, kabupaten dan kota, yang mana meningkat 22,2 persen, yakni 4,28 Triliun pada tahun 2018 menjadi Rp5,23 Triliun pada 2019.

"Peningkatan alokasi dana desa tersebut menjadi salah satu bukti komitmen pemerintah untuk membangun Indonesia dari pinggiran," kata Agung. (*)




 

loading...

Sebelumnya

Kabupaten kota diminta siapkan lelang dengan gunakan e-katalog

Selanjutnya

Pemprov Papua revisi tanggal libur dan cuti bersama

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe