Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lapago
  3. Libur Natal, maskapai diminta siapkan penerbangan tambahan
  • Minggu, 16 Desember 2018 — 19:37
  • 636x views

Libur Natal, maskapai diminta siapkan penerbangan tambahan

ada tiga maskapai yang selama ini melayani penerbangan penumpang di Wamena yaitu Trigana Air, NAM Air dan Wings Air.
Tempat check in Bandara Wamena-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
Editor : Syam Terrajana

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Wamena, Jubi - Memasuki libur Natal dan tahun baru 2019 dalam waktu dekat ini, Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I Wamena setiap maskapai menyiapkan extra flight atau penambahan slot penerbangan untuk melayani masyarakat di Wamena dan sekitarnya.

Kepala UPBU Kelas I Wamena, Rasburhany mengatakan, ada tiga maskapai yang selama ini melayani penerbangan penumpang di Wamena yaitu Trigana Air, NAM Air dan Wings Air.

Namun ketiga maskapai tersebut, saat ini semuanya menggunakan pesawat jenis ATR, sehingga jumlah seat atau tempat duduk penumpang menjadi terbatas.

“Kondisi yang kami hadapi memang boeing yang dipunyai Trigana Air tidak beroperasi di Wamena karena maintenance, sehingga yang beroperasi jenis ATR 72 dengan kapasitas 70 penumpang. Kalau kita lihat kondisi sekarang, bukan tiket yang sulit tetapi kapasitas penumpang yang terbatas karena jenis pesawat yang berubah dari boeing yang bisa mengangkut 130 penumpang hanya mampu 70, sehingga otomatis seat berkurang,” kata Rasburhany kepada wartawan di Wamena, Sabtu (15/12/2018).

Makanya untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihak maskapai perlu menambah extra flight.

“Ada penambahan satu extra flight lagi khususnya di Trigana. Yang tadinya tiga kali sehari, sejak Oktober itu kami jadikan empat kali sehari, Wings Air dua kali sehari dan NAM Air sekali,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk menyikapi hal ini pihaknya meminta kepada maskapai untuk penambahan extra flight menyiapkan slot tambahan dan sudah ada informasi bahwa Trigana akan menambah satu flight. Sedangkan dari NAM Air dan Wings Air hingga kini masih berkoordinasi dengan pimpinan pusat.

Untuk masalah keluhan tiket yang hingga kini sulit didapat oleh calon penumpang, Rasburhany mengaku jika bandara sudah mengimbau berupa pamflet dan spanduk di beberapa tempat di terminal penumpang bandara Wamena, terkait dengan batas atas dan bawah harga tiket.

“Jika ada masyarakat yang mendapatkan harga tidak sesuai dengan batas atas batas bawah bisa berkoordinasi dengan kami. Kami pun menyikapi menyambut Natal ini kami menyiapkan posko, dimana posko ini akan mulai beroperasi H-7 sampai H+7,” ujar dia.

Ia menambahkan, jika dilihat dari tahun ke tahun untuk lonjakan penumpang jelang Natal dan tahun baru rata-rata pertahun, untuk tahun lalu fluktuasi dimana ada hari sampai menyentuh angka 15 persen, utamanya H-2 dan H-3.

“Tetapi hari-hari sebelumnya masih dibilang normal. Jadi rata-rata 1-2 persen ada kenaikan,” katanya.

Mengantisipasi kecurangan dalam penjualan tiket, pihak bandara pun tetap berlakukan perketat pemeriksaan tiket yang sesuai identitas penumpang, dengan menyiapkan security airlines di setiap tempat check in dan juga pemeriksaan ketika akan masuk ke ruang tunggu.

“Kami harap kepada calon penumpang agar tidak membeli tiket di tempat-tempat yang tidak sah, atau dicalo karena akan merugikan. Kami juga telah berkoordinasi dengan pihak maskapai, agar tetap memperketat penjualan tiket di travel-travel resmi yang telah bekerjasama dengan maskapai,” ujarnya.

Untuk penerbangan Hercules sendiri, ia mengakui itu bisa jika sudah ada permintaan dari pemerintah daerah, dimana untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

“Bandara sifatnya hanya melayani slot yang tersedia, karena biar bagaimana di saat seperti ini memang perlu perhatian dari kami, apalagi masyarakat di pegunungan ini ingin menjalankan ibadah Natal apalagi pulang kampung, agar ada ketersediaan alternatif penerbangan,” ujarnya.

Selain itu dari tahun ke tahun jelang Natal, maskapai Sriwijaya Air juga telah mengadakan penerbangan Christmas Flight khusus dari Timika ke Wamena, dengan harapan mampu mengurai ketidaktersediaan seat.

“Christmas flight ini dari tahun ke tahun sudah ada, hal ini lebih kepada Sriwijaya mengangkut masyarakat di Wamena yang bekerja di Timika khususnya di PT. Freeport dan untuk tahun ini mulai sekitar tanggal 18-24 Desember 2018 dengan sistem carter dari perusahaan,” ujarnya.

Manager Aviasi NAM Air Wamena, Jorry mengatakan pihaknya belum dapat menyediakan extra flight jelang Natal dan tahun baru ini.

“Karena armada kita hanya satu yang beroperasi, kami juga sedang mengajukan rute baru Jayapura-Wamena untuk Sriwijaya bukan NAM Air, dan tiket kami sendiri sudah habis terjual hingga 26 Desember 2018,” katanya. (*)




 

loading...

Sebelumnya

KPU Yalimo temukan banyak pemilih ganda

Selanjutnya

Jayawijaya siapkan tiga Puskesmas selama libur Natal

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe