Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lapago
  3. Jayawijaya siapkan tiga Puskesmas selama libur Natal
  • Minggu, 16 Desember 2018 — 19:46
  • 609x views

Jayawijaya siapkan tiga Puskesmas selama libur Natal

Kami menyiapkan tiga Puskesmas yaitu Puskesmas Ilekma, Wamena Kota dan Hom-Hom. Jam pelayanannya sendiri dari delapan pagi hingga jam dua siang
Puskesmas Wamena Kota yang akan tetap disiapkan pemerintah Jayawijaya selama libur natal-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
Editor : Syam Terrajana

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Wamena, Jubi - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya melalui Dinas Kesehatan setempat akan tetap membuka layanan kesehatan bagi masyarakat di saat libur Natal .

Kepala Dinas Kesehatan Jayawijaya, Willy E. Mambieuw mengatakan, sesuai instruksi kepala daerah, di Jayawijaya sendiri tidak mengikuti libur fakultatif Papua yang dikeluarkan oleh gubernur Papua.

Katanya itu dikarenakan adanya pelantikan bupati dan wakil bupati Jayawijaya yang dijadwalkan 18 Desember 2018 sehingga di Jayawijaya hanya menggunakan libur nasional.

“Jadi, untuk pelayanan kesehatan baik di fasilitas kesehatan tingkat utama maupun rumah sakit mengikuti instruksi pimpinan yaitu hanya berlaku untuk libur nasional saja, bukan libur fakultatif,” katanya kepada wartawan di Wamena, Sabtu (15/12/2108).

Kata dia, mengikuti libur nasional yang dimulai 22 Desember 2018 nanti, sejumlah layanan kesehatan seperti Puskesmas tetap akan melayani masyarakat namun jam pelayanan tidak seperti waktu biasanya.

“Kami menyiapkan tiga Puskesmas yaitu Puskesmas Ilekma, Wamena Kota dan Hom-Hom. Jam pelayanannya sendiri dari delapan pagi hingga jam dua siang,” katanya.

Selama pelayanan itu, kata Mambieuw, seluruh petugas dan tenaga medis yang ada pun siaga untuk melayani masyarakat yang berobat ke Puskesmas yang telah ditunjuk tersebut.

“Selama libur nasional itu kita tetap buka pelayanan kesehatan baik di rumah sakit maupun Puskesmas, dan kita buat pos-pos pelayanan di Puskesmas untuk memback up kegiatan Natal dan tahun baru,” ujar dia.

Dinas kesehatan pun telah berkoordinasi khusus dengan pasien-pasien BPJS, dimana petugas BPJS pun akan tetap stand by di rumah sakit. Dimana mereka memberikan kelonggaran tidak perlu harus membawa rujukan dari Puskesmas dalam masa libur ini.

“Pengalaman tahun ke tahun justru pasien membludak, karena pelayanan di Puskesmas terbatas sehingga semua larinya ke pelayanan di rumah sakit, sehingga untuk antisipasi itu kita buka pelayanan Puskesmas, sehingga pelayanan yang bisa dilakukan di Puskesmas tidak perlu ke rumah sakit,” ujar dia.

Kepala BPJS Kesehatan cabang Wamena, Ivan Ravian mengaku jika selama libur yang ditetapkan pemerintah provinsi pihaknya akan tetap menyediakan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami tentu selalu siap siaga dan selalu ada layanan. Artinya, kecuali libur Natalnya di luar itu kami tetap buka,” ujar Ivan.

Ia juga mengaku jika selama libur dan pelayanan di Puskesmas, pasien BPJS tidak akan ada permasalahan, karena BPJS kesehatan sudah memberikan pembiayaannya melalui kapitasi.

“Setiap tanggal 15 kami rutin memberikan kapitasi kepada seluruh fasilitas kesehatan baik dari Puskesmas, klinik maupun dokter praktek perorangan yang sudah bekerjasama dengan kami. Jadi, kalau untuk pembiayaan di fasilitas kesehatan pertama atau pun di tingkatan lanjutan juga sama meskipun libur panjang,” ujarnya. (*)


 

loading...

Sebelumnya

Libur Natal, maskapai diminta siapkan penerbangan tambahan

Selanjutnya

Jhon-Marthin resmi dilantik jadi bupati - wakil bupati Jayawijaya

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe