Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Legislator: Jalan Trans Jayapura-Wamena sebaiknya ditutup sementara
  • Rabu, 19 Desember 2018 — 06:02
  • 4144x views

Legislator: Jalan Trans Jayapura-Wamena sebaiknya ditutup sementara

jalan trans Papua tersebut hingga kini masih dalam proses pengerjaan. Belum diresmikan dan diatur kendaraan apa saja yang dapat melintas di jalan itu, dan berapa berat maksimal beban setiap kendaraan.
Legislator Papua dari daerah pemilihan Yahukimo, Yalimo dan Pegunungan Bintang, Natan Pahabol

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Jayapura, Jubi - Legislator Papua dari daerah pemilihan Yahukimo, Yalimo dan Pegunungan Bintang, Natan Pahabol mengatakan, sebaiknya pihak yang berwenang menutup jalan trans Papua dari Jayapura-Yalimo-Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Ia mengatakan, jalan trans Papua tersebut hingga kini masih dalam proses pengerjaan. Belum diresmikan dan diatur kendaraan apa saja yang dapat melintas di jalan itu, dan berapa berat maksimal beban setiap kendaraan.

"Standar itu belum dikeluarkan oleh pihak terkait. Kalau kendaraan yang melintas melebihi kapasitasnya melebihi semestinya, berdampak pada kondisi jalan, karena jalan ini masih butuh peningkatan kualitas," kata Natan Pahabol, Selasa (18/12/2018).

Menurutnya, sudah beberapa kali terjadi kecelakaan di ruas jalan trans Papua yang menghubungkan Jayapura-Yalimo-Jayawijaya. Namun siapa yang akan disalahkan ketika ada kejadian, karena jalan itu masih dalam proses pengerjaan.

"Selain itu, tidak diketahui berat beban kendaraan yang melintas dan apakah benar-benar mengakut kebutuhan pokok, bahan bangunan dan lainnya atau kah minuman beralkohol serta barang terlarang lain, karena belum ada jembatan timbang, untuk memastikan itu," ujarnya.

Untuk itu lanjutnya, jika jalan itu sudah akan difungsikan, Dinas Perhubungan provinsi bekerjasama dengan pihak kepolisian perlu mendirikan jembatan timbang di wilayah Tanah Hitam, Distrik Abepura, Kota Jayapura yang merupakan arah menuju ke pintu masuk jalan trans Papua Jayapura-Yahukimo-Wamena di Kabupaten Keerom.

"Terus satu lagi di Keerom, ini untuk mengetahui beban maksimal kendaraan dan apa yang dimuatnya. Saya rasa ini harus diatur baik," katanya.

Kepala Satuan Kerja (Satker) Wilayah IV Jayawijaya, Togap Harianto Manik juga meminta Pemkab Yalimo menutup sementara jalan trans Papua dari Jayapura ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, yang masih dalam tahap pengerjaan.

"Jalan itu belum normal dan bisa berdampak buruk kepada pengguna yang melintas, karena sepanjang jalan masih rawan longsor," kata Togap belum lama ini.

Menurutnya, kendaraan yang melintas di jalan itu dapat mengganggu pengerjaan jalan yang sedang berlangsung. (*)

loading...

Sebelumnya

DPR Papua akan sahkan sembilan Raperdasi

Selanjutnya

Bupati Yahukimo mesti buktikan beri sanksi ASN yang menambang emas

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe