Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Bupati Yahukimo mesti buktikan beri sanksi ASN yang menambang emas
  • Rabu, 19 Desember 2018 — 06:13
  • 1081x views

Bupati Yahukimo mesti buktikan beri sanksi ASN yang menambang emas

ika tidak ada sanksi tegas terhadap para ASN yang meninggalkan tugas, akhirnya para pegawai di lingkungan Pemkab Yahukimo tidak lagi fokus melaksanakan pelayanan publik, namun lebih banyak berada di lokasi penambangan.
Aktivitas pertambangan emas ilegal di Yahukimo - Jubi/Ist

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Jayapura, Jubi - Anggota DPR Papua dari daerah pemilihan Yahukimo, Yalimo dan Pegunungan Bintang, Natan Pahabol mengatakan, Bupati Yahukimo mesti membuktikan komitmennya menindak tegas Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah pemerintahannya yang meninggalkan tugas utamanya melakukan pelayanan publik, demi melakukan penambang emas di wilayah itu.

"Bupati perlu melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi penambangan. Kalau ada ASN kedapatan di lokasi melakukan aktivitas penambangan, mesti disanksi tegas karena sudah meninggalkan tugas utamanya," kata Natan Pahabol kepada Jubi, Selasa (18/12/2018).

Menurutnya, jika tidak ada sanksi tegas terhadap para ASN yang meninggalkan tugas, sikap itu akan diikuti ASN lainnya, dan akhirnya para pegawai di lingkungan Pemkab Yahukimo tidak lagi fokus melaksanakan pelayanan publik, namun lebih banyak berada di lokasi penambangan.

Ia mengatakan, dulunya yang melakukan penambangan di wilayah Yahukimo adalah masyarakat dan para pemuda. Namun kini, para ASN mulai ikut menambang. Bahkan diduga ada di antara mereka menggunakan kendaraan dinas untuk mengangkut logistik ke lokasi penambangan.

"Kalau ada pegawai meninggalkan tugas dan pergi menambang, itu ASN malas hanya mau cari uang saja dan tidak sungguh-sungguh mau mengabdi," katanya.

Untuk itu kata Natan Pahabol, Pemkab Yahukimo perlu membuat regulasi mengenai penambangan emas di wilayahnya. Dalam regulasi itu diatur siapa yang dapat melakukan aktivitas penambangan, peralatan kerja yang digunakan, tidak menimbulkan kerusakan parah terhadap lingkungan sekitar dan lainnya.

"Mestinya bupati jangan langsung muat di media dulu. Tapi mendata siapa saja ASN yang terlibat dan diberi sanksi tegas," ujarnya.

Sejak 2017, penambang emas ilegal di daerah Brumakot dan sekitarnya mulai ramai dilakukan. Walau ditolak warga pemilik tanah ulayat, namun aktivitas penambangan ilegal tersebut terus berlangsung hingga saat ini.

Pada 2018, penambangan emas di Yahukimo benar-benar booming. Ratusan warga datang dari luar kabupaten untuk mendulang emas di sana. Penghasilan yang besar dari penambangan emas tersebut, kini menyeret pada ASN Pemkab Yahukimo untuk terlibat langsung dalam bisnis ini.

Bupati Yahukimo, Abock Busup telah memperingatkan ASN di lingkungan pemerintahannya yang sering tak melaksanakan tugas dan lebih memilih melakukan penambangan.

Ia mengatakan telah banyak menerima laporan tentang ASN yang lebih memilih melakukan aktivitas penambangan emas di wilayah Korowai. Bahkan, beberapa ASN secara berani menggunakan mobil dinas mengangkut logistik ke lokasi penambangan.

“Kami sudah indentifikasi orang-orangnya. Kami sudah tahu, tapi kami belum bisa sebutkan nama. Tapi mulai sekarang hati-hati," Bupati Abock di Kantor Bupati, Selasa (11/12/2018) lalu.

Menurutnya, kendaraan dinas yang diberikan untuk melakukan pelayanan publik, bukan digunakan berbisnis atau penambangan emas.

"Mulai sekarang aktivitas yang belum ada izin agar segera dihentikan, wilayah ini dilindungi undang-undang," katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Legislator: Jalan Trans Jayapura-Wamena sebaiknya ditutup sementara

Selanjutnya

Biarkan masyarakat Nduga merasakan damai Natal

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe