Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Saireri
  3. KPU Biak segera lantik anggota PPD pascaputusan MK
  • Kamis, 03 Januari 2019 — 16:14
  • 553x views

KPU Biak segera lantik anggota PPD pascaputusan MK

"Sesuai jadwal KPU, proses pelantikan anggota PPD tambahan pascaputusan MK dan pengukuhan kembali 19 panitia pemilihan distrik akan diselenggarakan 5 Januari 2019," ucap Komisioner KPU Biak, Johanis Lalihatu, didampingi Sekretaris KPU Biak, Agus Filma, di Biak, Kamis (3/1/2019).
Ilustrasi, Pemilu Serentak 2019 – Jubi/Tempo.co

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Biak, Jubi - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, segera menjadwalkan pelantikan 38 anggota Panitia Pemilihan Distrik/Kecamatan (PPD) pascakeputusan Mahkamah Konstitusi.

"Sesuai jadwal KPU, proses pelantikan anggota PPD tambahan pascaputusan MK dan pengukuhan kembali 19 panitia pemilihan distrik akan diselenggarakan 5 Januari 2019," ucap Komisioner KPU Biak, Johanis Lalihatu, didampingi Sekretaris KPU Biak, Agus Filma, di Biak, Kamis (3/1/2019).

Johanis menjelaskan sebelumnya adanya surat keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia No 31/PUU-XVI/2018 tanggal 23 Juli 2018 tentang penambahan anggota PPK.

Komisioner KPU Johanis menyebut untuk prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah anggota PPD akan dilakukan ketua KPU Biak, Jackson S. Maryen.

"Ada tugas besar bagi anggota PPD di 19 distrik yang baru dilantik dan dikukuhkan yakni menyelenggarakan pesta demokrasi Pemilu serentak 2019 yang tinggal empat bulan ke depan," ujar Johanis Lalihatu.

Tugas lain yang juga diemban anggota PPD baru, menurut Joahnis, menjaga netralitas baik dalam perilaku serta tutur kata sebagai penyelenggara pemilu yang profesional dan independen.

"Jangan sampai ditemukan ada anggota PPD yang tak netral dalam Pemilu karena akan ditindak sesuai peraturan yang berlaku. Harapan saya pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Biak Numfor dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan sukses," ucap Johanis.

Sementara itu, masih menurut Komisioner KPU Biak, Johanis Lalihatu, dan Sekretaris KPU, Agus Filma, tiga partai politik dari 16 parpol peserta Pemilihan Umum 2019 di Kabupaten Biak Numfor, belum menyerahkan laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Sampai batas waktu penyerahan LPSDK kepada KPU tanggal 2 Januari 2019 jam 18.00 WIT, ada tiga parpol yang belum melaporkan dana kampanye yakni Partai Golkar, PAN, dan Partai Berkarya," ungkap Johanis Lalihatu.

Johanis mengatakan untuk Partai Golkar alasan tidak menyampaikan laporan dana penerimaan kampanye karena sedang berduka atas meninggalnya Ketua DPD Partai Golkar yang juga Wabup terpilih Pilkada serentak 2018, Nehemia Wospakrik.

"Untuk dua parpol lain PAN dan Partai Berkarya tidak ada informasi mengenai tidak diserahkan laporan penerimaan dana kampanye periode Januari 2019," ucapnya.

Ia menjelaskan peserta pemilu yang tidak menyerahkan Laporan LPSDK tidak akan mendapatkan sanksi. Dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu tidak diatur tentang sanksi bagi parpol yang tidak menyerahkan LPSDK.

"Kalau di Undang-Undang, tidak ada kategorisasi khusus. Tidak ada sanksi untuk parpol yang tak menyerahkan LPSDK," ujar Johanis.

Namun, dia menegaskan bahwa sanksi diskualifikasi baru diberikan kepada para peserta pemilu jika tidak menyerahkan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK).

Selain itu, menurut dia, penyerahan laporan dana kampanye ini hanya berdasarkan atas komitmen awal dari semua peserta pemilu. (*)

loading...

Sebelumnya

Umat Islam di Biak gelar istighosah akbar sambut tahun 2019

Selanjutnya

Allah itu baik, Mama-mama Papua harus berubah

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe