Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Kepulauan Solomon, PNG, dan Fiji diterpa hujan badai 
  • Jumat, 04 Januari 2019 — 03:33
  • 751x views

Kepulauan Solomon, PNG, dan Fiji diterpa hujan badai 

Hiba menambahkan bahwa menurut prakiraan, cuaca ini akan berlaku sampai awal minggu depan.
Banjir bandang di Kepulauan Solomon. - RNZI/ Rifilia Alex

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi - Hujan lebat dan angin kencang yang terus berlanjut di Kepulauan Solomon, dapat menyebabkan lebih banyak banjir bandang serta kemungkinan tanah longsor, dalam beberapa hari ke depan.
Badan meteorologi negara itu telah mengeluarkan peringatan hujan lebat lebih lanjut, dan meminta semua penduduk setempat untuk tetap tinggal di dalam rumah, sampai peringatan selanjutnya.

Direktur layanan meteorologi, David Hiba, juga memperingatkan penduduk setempat untuk berhati-hati, jika perlu melakukan perjalanan antarpulau akibat angin kencang. Menurutnya cuaca buruk ini diperkirakan akan bertahan sepanjang akhir pekan. Ia juga mengingatkan warga bahwa hujan yang terus-menerus selama dua minggu terakhir, berarti risiko tanah longsor yang tinggi.

“Kita telah melihat sebelumnya bahwa selama periode hujan lebat, tanah longsor adalah salah satu masalah yang besar. Jadi, pada dasarnya, kami meminta warga untuk tinggal di dalam rumah, terutama orang-orang yang berencana untuk melakukan perjalanan menyeberang dari pulau ke pulau,” kata Hiba.

Hiba menambahkan bahwa menurut prakiraan, cuaca ini akan berlaku sampai awal minggu depan.

Beberapa sungai besar di negara itu sudah meluap dan membanjiri desa-desa. Sungai-sungai Kwaibaita dan Betikama dilaporkan membanjiri dan merusak kebun dan tanaman. Desa-desa di sekitar daerah ini juga khawatir air minum mereka telah terkontaminasi. 

Hiba mengungkapkan bahwa air Sungai Ngalibiu di Kepulauan Russell, Provinsi Tengah, juga naik dan menyapu desa-desa di pinggirnya.

Kantor Nasional Penanggulangan Bencana Kepulauan Solomon, masih mengumpulkan laporan mengenai kerusakan dari pulau-pulau.

Selain Kepulauan Solomon, kantor meteorologi PNG juga telah mengeluarkan peringatan terhadap banjir dan tanah longsor. 

Badan cuaca nasional Papua Nugini, National Weather Service (NWS), mengeluarkan peringatan potensi terjadinya tanah longsor dan banjir pekan ini ke seluruh negeri.

Dalam sebuah pernyataan kepada koran Post-Courier, NWS berkata angin kencang dan hujan menyebabkan kerusakan di desa-desa dan kota-kota di sepanjang pantai Selatan, dan cuaca ini akan terus berlanjut.

Maskapai-maskapai penerbangan, kapal-kapal pengangkut barang, dan masyarakat umum di PNG disarankan untuk berhati-hati selama lima hari ke depan.

Sementara itu Fiji sedang mempersiapkan diri untuk kedatangan Siklon Tropis Mona. Mona diharapkan akan semakin menguat di jalurnya menuju dua pulau paling besar di Fiji, Vanua Levu dan Viti Levu. 

Badan Meteorologi Fiji mengatakan kemungkinan Mona sudah meningkat ke kategori dua, ketika melewati kedua pulau. (RNZI)

loading...

Sebelumnya

Kilas balik Pasifik 2018

Selanjutnya

Kementerian Perempuan Fiji utamakan perlindungan anak

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe