TUTUP
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Dunia
  3. Pertempuran antar faksi pemberontak Suriah terus terjadi
  • Jumat, 04 Januari 2019 — 12:42
  • 438x views

Pertempuran antar faksi pemberontak Suriah terus terjadi

Pertarungan berkecamuk di antara kubu-kubu oposisi Suriah bersenjata sejak pergolakan menentang pemerintahan Presiden Bashar Al-Assad tahun 2011. 
Ilustrasi pertempuran, pixabay.com
ANTARA
[email protected]
Editor : Edi Faisol
LipSus
Features |
Kamis, 31 Januari 2019 | 11:00 WP
Features |
Rabu, 30 Januari 2019 | 10:08 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Amman, Jubi - Bentrokan-bentrokan terjadi di antara berbagai faksi pemberontak Suriah, kata warga dan pemberontak pada Kamis (3/1/2018). Pertarungan berkecamuk di antara kubu-kubu oposisi Suriah bersenjata sejak pergolakan menentang pemerintahan Presiden Bashar Al-Assad tahun 2011. 

Bentrokan-bentrokan di antara mereka telah membantu presiden Suriah, dengan dukungan para sekutu dari Iran dan Rusia, untuk merebut kembali banyak kawasan yang semula dikuasai pemberontak.

“Tahrir ash Sham, yang sebelumnya berafiliasi ke Al- Qaida, telah melancarkan serangan pada Selasa terhadap kota-kota di pinggiran barat Aleppo yang dikuasai Nour ad Din Zinki, anggota arus utama Front Pembebasan Nasional (NLF),” kata warga dan sumber pemberontak yang dihubungi Reuters lewat telepon.

Tahrir ash Sham, yang pada Rabu menguasai kota Darat Izza, mengatakan telah membalas sergapan yang dilakukan pekan ini. Lima pejuangnya tewas dalam insiden tersebut. 

Kelompok itu menyalahkan Nour al Din Zinki berada di balik serangan tersebut. Kelompok-kelompok militan Islamis memiliki perbedaaan ideologi dari kubu-kubu nasionalis di dalam Tentara Suriah Bebas yang tergabung di bawah panji NLF, dukungan Turki, tetangga Suriah.

Satu sumber pemberontak mengatakan penguasaan kota Darat Izza akan memperkuat kelompok Islamis itu dalam pembicaraan rahasia dengan Turki yang menempatkan tentaranya di bagian utara dan ingin memperkuat kehadirannya guna menjamin perbatasannya.

Tujuan kelompok militan itu ialah membentuk rangkaian wilayah dari kawasan-kawasan yang mereka kuasai di sebelah utara Idlib dekat perbatasan Turki ke benteng-benteng di pinggiran Aleppo, kata seorang diplomat senior dari Barat yang meminta jatidirinya tak disebutkan.

Sedangkan pasukan NLF dikerahkan lagi untuk menghadapi serangan-serangan dan menyerang benteng-benteng dan tempat-tempat pemeriksaan Tahrir ash Sham di Provinsi Idlib.

"Kami minta kubu Tahrir ash Sham bertanggung jawab atas serangan berbahaya yang menimbulkan peningkatan serangan dan menyerukan orang-orang bijaknya menghentikan pertempuran dan memelihara apa yang tersisa dari revolusi," kata NLF dalam satu pernyataan. 

Warga masyarakat mengatakan NLF mengalami sedikit kemajuan dalam mengusir para militan Islamis itu dari Saraqeb, salah satu kota utama yang mereka kuasai di Provinsi Idlib.

Akibat bentrokan-bentrokan itu, ketakutan di kalangan warga sipil merebak. Pulugan orang sejauh ini terbunuh dan cedera, kata pemberontak. (*) 

loading...

Sebelumnya

Brazil terbuka menjadi tuan rumah pangkalan militer AS

Selanjutnya

Warga sipil Suriah tewas akibat serangan udara Rusia

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe