Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Puluhan rumah khusus di Pegubin telah rampung dan siap dihuni
  • Minggu, 06 Januari 2019 — 18:06
  • 269x views

Puluhan rumah khusus di Pegubin telah rampung dan siap dihuni

"79 rumah itu sudah siap dihuni dan tinggal diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang," ujarnya, Minggu (6/1/2019).
Ilustrasi pembangunan rumah khusus dari Kementrian PUPR - Jubi/suara.com

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Tujuh puluh sembilan unit rumah yang dibangun pemerintah khusus untuk warga di sejumlah kampung dari delapan distrik Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua Nugini (PNG) telah rampung.

Metodi Taplo selaku Ketua Tim Percepatan Pembangunan Kawasan perbatasan RI-PNG di delapan distrik di Kabupaten Pegunungan Bintang saat berada di Kota Jayapura, mengatakan pembangunan 79 rumah khusus itu didanai oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun anggaran 2018.

"79 rumah itu sudah siap dihuni dan tinggal diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang," ujarnya, Minggu (6/1/2019).

Pembangunan puluhan rumah khusus itu diperuntukkan bagi warga Indonesia yang tinggal di delapan distrik Kabupaten Pegunungan Bintang yang tak jauh dari perbatasan RI-PNG.

"Rumah khusus itu dibangun mulai dari nol hingga jadi 100 persen. Rumah khusus itu tersebar di delapan distrik, yakni di Distrik Iwur sebanyak 19 unit rumah, Distrik Tarub 10 rumah, Distrik Pepera 10 rumah, Oksamol 10 rumah, Okyob 10 rumah, Kampung Peteng di Distrik Batom 10 rumah dan di Distrik Mopinop 10 rumah," katanya.

Menurutnya Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang harus segera menjadwalkan peresmian puluhan rumah khusus tersebut, agar warga di delapan distrik yang berhubungan langsung dengan perbatasan RI-PNG bisa segera menempati rumah-rumah tersebut.

"Saya terus berkoordinasi dengan Pak Sekda Pegunungan Bintang Bartholomeus J Paragaye, agar pemerintah setempat segera meresmikan puluhan rumah tersebut dalam waktu dekat ini, agar pembangunan selanjutnya bisa segera dilakukan, karena pemerintah pusat akan membantu pembangunan yang sama lagi," katanya.

Metodi juga mengungkapkan, Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga telah merenovasi 80 unit rumah di sejumlah kampung yang ada di Ibu Kota Kabupaten Pegunungan Bintang, Oksibil.

"Sebanyak 80 unit rumah di Oksibil juga telah direnovasi ringan, mulai diganti atap rumah, dinding, lantai hingga pengecatan. Semuanya ini anggaran pada tahun 2018 dari pemerintah pusat. Rencananya 79 rumah khusus dan 80 rumah yang direnovasi itu akan diresmikan oleh Pemerintah Pegunungan Bintang yang dipusatkan di Distrik Oksamol," katanya.

Metodi mengungkapkan bahwa pada 2019 dari usulan atau permintaan pembangunan dan renovasi rumah sebanyak 1.000 unit, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah menjawab dan merestui sebanyak 600 unit rumah di Kabupaten Pegunungan Bintang.

"600 unit rumah itu dibagi dua pekerjaan, yang pertama sebanyak 350 unit rumah direnovasi ringan dan sisanya dibangun baru, atau rumah khusus bagi warga Pegunungan Bintang yang tidak atau belum miliki rumah permanen," katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Harga BBM turun tak pengaruhi harga pangan

Selanjutnya

Kebangkitan ekonomi orang asli Lanny Jaya

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe