Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Kebangkitan ekonomi orang asli Lanny Jaya
  • Senin, 07 Januari 2019 — 20:02
  • 527x views

Kebangkitan ekonomi orang asli Lanny Jaya

Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) Kabupaten Lanny Jaya berencana menggelar seminar akbar Kebangkitan Ekonomi Orang Asli Lanny Jaya pada Februari 2019. Seminar satu dari sejumlah program kegiatan yang akan diadakan KAPP tahun ini.
Ketua KAPP Lanny Jaya bersama ketua panitia terpilih dan pemuda Lanny Jaya usai pertemuan – Foto Fredi G. Tabuni untuk Jubi

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

KAMAR Adat Pengusaha Papua (KAPP) Kabupaten Lanny Jaya mengadakan rapat evaluasi dan program tahunan pada Sabtu, 5 Januari 2019. Pengurus membahas apa saja program yang telah tercapai dan yang belum dilakukan.

Ketua KAPP Kabupaten Lanny Jaya, Fredi Ginia Tabuni, mengatakan di antara yang dibahas adalah evaluasi badan pengurus, program-program yang telah dicapai pada 2018, dan rekomendasi program prioritas 2019.

Tabuni menyebutkan salah satu program prioritas 2019 adalah menggelar seminar akbar yang akan diadakan di ibukota Kabupaten Lanny Jaya. Seminar yang diagendakan Februari 2019 tersebut mengangkat topik kebangkitan ekonomi orang asli Lanny Jaya.

“Kami sudah membentuk panitia pelaksana acara dengan ketua Yemmy Jigibalom dan sekretaris Herry C. Wakerkwa,” katanya.

Tujuan utama seminar, kata Tabuni, agar pemerintah daerah dan organisasi perangkat daerah di Lanny Jaya memahami tujuan organisasi KAPP Kabupaten Lanny Jaya.

Selain itu, tambah Tabuni, seminar juga sebagai bukti pentingnya masyaraka Lanny Jaya berbicara tentang ekonomi untuk masa depan anak-cucu.

"Kami juga mengajak seluruh masyarakat Lanny Jaya bahwa membicarakan ekonomi hari ini sangat penting untuk menyiapkan masa depan anak cucu dan negeri," katanya.

Tabuni mengingatkan agar para calon pebisnis yang telah bergabung dengan KAPP untuk terus memupuk semangat melakukan usaha dengan serius, bukan setengah-setengah.

"Para calon pengusaha yang tergabung dalam wadah KAPP dibekali dengan ilmu pengetahuan berbisnis agar tetap semangat untuk maju terus sesuai jenis usaha yang dipilih," katanya.

Pada acara seminar nanti, katanya, juga hadir Ketua KAPP Provinsi Papua Musa Haluk, Dewan Adat Papua, Solidaritas Pasar Mama-Mama Papua, dan beberapa pengamat ekonomi.

Kehadiran mereka diharapkan dapat membagikan ilmu kepada pemuda pelaku usaha di Lanny Jaya.

Tabuni berharap seminar akbar tersebut dapat memberikan pemahaman kepada setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di Lanny Jaya tentang fungsi KAPP.

"Jadi saya punya harapan, pertama pemerintah daerah dalam hal ini terutama OPD-OPD terkait di Kabupaten Lanny Jaya seperti Dinas Perindakop, Dinas Pertanian, dan Dinas Pekerjaan Umum untuk mengetahui keberadaan wadah KAPP Papua di Kabupaten Lanny Jaya dan bisa melibatkan KAPP dalam program prioritas utama yang akan dijalankan oleh OPD sesuai visi dan misi bupati dan wakil bupati Lanny Jaya,” katanya.

 

Selain itu, kata Tabuni, seminar juga bertujuan agar 78 pengusaha muda Papua asal Lanny Jaya yang ikut sebagai peserta memahami penggunaan uang dengan baik dan memahami dengan baik bagaimana memulai usaha.

"Agar para calon pengusaha yang terlebih bisa menggunakan uang yang dibantu oleh pemerintah daerah itu dengan baik dan juga paham bagaimana berwirausaha," ujarnya.

Dengan adanya seminar, tambahnya, anak-anak Lanny Jaya juga sudah siap berbicara soal ekonomi. Sebab seminar salah satu langkah untuk mempersiapkan sumber daya manusia di Lanny Jaya agar paham dengan ekonomi, terutama melakukan usaha.

“Masyarakat Lanny Jaya akan mengetahui pentingnya berkebun dan bertani karena KAPP Lanny Jaya juga siap membantu ekspor dan impor hasil ekonomi kreatif dan komoditas unggulan yang ada di bumi Lanny Jaya,” ujarnya.

Ketua panitia seminar, Yemmi Yigibalom, menekankan bahwa acara seminar tersebut sangat penting bagi masyarakat Lanny Jaya.

“Kami sudah siap menggelar acaranya dan saya berharap seluruh mahasiswa Lanny Jaya yang sudah selesai studi di Jawa dan Bali, serta Papua bisa bergabung dalam seminar ini,” katanya.

Menurut Yemmi, kesempatan baik bagi anak-anak Lanny Jaya yang sudah sarjana untuk hadir pada acara seminar tersebut.

"Meski sudah ada 78 nama, jika ada mahasiswa yang sudah sarjana mau bergabung nanti kita ikutkan, yang penting mereka punya komitmen," katanya.(*)

loading...

Sebelumnya

Puluhan rumah khusus di Pegubin telah rampung dan siap dihuni

Selanjutnya

Hujan, harga sirih di Pasar Pharaa melonjak

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe