Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Anim Ha
  3. Petugas kebersihan libur, sampah di TPS Dorem Kai menggunung
  • Senin, 07 Januari 2019 — 20:23
  • 660x views

Petugas kebersihan libur, sampah di TPS Dorem Kai menggunung

Sampah di tempat pembuangan sementara (TPS) di Jalan Dorem Kai, Kelurahan Samkai, Distrik Merauke, menggunung setelah beberapa hari terakhir, petugas kebersihan tak melakukan aktivitas sebagaimana biasa. Karena bertepatan dengan hari raya Natal maupun pergantian tahun.
Sampah yang menggunung di TPS dorem Kai – Jubi/Frans L Kobun

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Merauke, Jubi - Sampah di tempat pembuangan sementara (TPS) di Jalan Dorem Kai, Kelurahan Samkai, Distrik Merauke, menggunung setelah beberapa hari terakhir, petugas kebersihan tak melakukan aktivitas sebagaimana biasa. Karena bertepatan dengan hari raya Natal maupun pergantian tahun.

Pantauan Jubi akhir pekan lalu, terlihat sampah kering maupun basah menumpuk di sekitar TPS. Bahkan, sebagian lagi nyaris sampai ke badan jalan. Terlihat beberapa petugas sedang mengangkut sampah, memasukannya ke dalam mobil untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Pengawas TPS Dorem Kai, Agus Riyadi, mengatakan volume sampah hampir tiga kali lipat, baik kering maupun basah. Sebenarnya sampah tidak sebanyak begini kalau masyarakat langsung memasukan dalam beberapa kontainer yang telah disiapkan.

“Kami telah menyiapkan beberapa unit kontainer di dalam TPS. Hanya saja, masyarakat tak memanfaatkannya. Mereka membuang sampah begitu saja di sekitar area TPS. Akibatnya samapah terus menumpuk dan tahambur kemana-mana,” katanya.

Dikatakan, hari ini sejumlah pekerja sudah mulai melakukan aktivitas sebagaimana biasa mengangkut sampah. Hanya sebagian lagi belum masuk. Sampah yang ada tak bisa diangkut semuanya dalam sehari dan dibawa ke TPA.

Kemungkinan, jelas dia, dalam dua atau tiga hari ke depan, baru semua sampah di TPS dapat diangkut, mengingat juga jumlah pekerja baru beberapa orang melakukan aktivitas.  

Menyangkut armada pengangkut sampah, menurutnya, mencukupi karena ada beberapa unit telah disiapkan.  

“Memang jumlah tenaga yang bekerja di TPA sekitar 20 orang, hanya saja baru beberapa yang masuk kerja. Tentunya ini juga sangat menyulitkan mengangkut sampah dengan jumlahnya sangat banyak ini,” ujarnya.

Seorang pekerja di TPA, Rudi, mengaku dalam beberapa hari terakhir, mereka tak melakukan aktivitas mengangkut sampah sehingga menumpuk sangat banyak.

“Ya, kami juga baru beberapa aktif kerja lagi. Petugas lainnya masih libur,” tuturnya.

“Sebelum kami libur, ada beberapa kontainer kosong disiapkan dalam TPS dengan tujuan agar masyarakat membuang sampah ke kontainer. Namun sayangnya, mereka membuang di luar sehingga sampah tercecer kemana-mana,” imbuhnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Gelombang besar dan angin kencang, ratusan nelayan Marauke tak melaut

Selanjutnya

Polisi harus peka dan tanggap terhadap situasi

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe