Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Domberai
  3. Pemuda GPKAI majelis daerah Manokwari berdoa untuk pemulihan duka Nduga
  • Senin, 07 Januari 2019 — 23:17
  • 429x views

Pemuda GPKAI majelis daerah Manokwari berdoa untuk pemulihan duka Nduga

Penembakan ini berbuntut adanya operasi militer (opsmil) di sejumlah Distrik di Kabupaten Nduga sehingga umat Gereja dan Pemuda di wilayah tersebut tidak dapat melakukan aktivitas peribadatan seperti yang dilakukan oleh pemuda Kristen lainnya di tanah Papua.
Aksi 1000 lilin dan doa bersama persekutuan angkatan muda GPKAI Majelis Daerah Manokwari awali tahun 2019 dan pemulihan bagi duka cita di Nduga. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Manokwari, Jubi - Persekutuan angkatan muda (Pamka) GPKAI Majelis Daerah Manokwari melakukan aksi 1000 lilin untuk pemulihan duka di Kabupaten Nduga Papua pasca peristiwa penembakan puluhan karyawan PT.Istaka Karya yang diduga dilakukan oleh kelompok bersenjata.

Penembakan ini berbuntut adanya operasi militer (opsmil) di sejumlah Distrik di Kabupaten Nduga sehingga umat Gereja dan Pemuda di wilayah tersebut tidak dapat melakukan aktivitas peribadatan seperti yang dilakukan oleh pemuda Kristen lainnya di tanah Papua.

"Kita satukan ibadah pisah-sambut tahun baru 2019 yang merupakan agenda tahunan Pamka GPKAI majelis daerah Manokwari dengan doa bersama dan aksi 1000 lilin bagi dukacita di Nduga,” ujar Robert Manggaprouw koordinator Pamka GPKAI majelis daerah Manokwari kepada Jubi Minggu malam kemarin.

Dikatakan Robert, tanah Papua dan warga pribumi penghuninya adalah manusia ciptaan Tuhan sama seperti sesama anak bangsa di Indonesia. Oleh karena itu sebagai pemuda Gereja di Manokwari meminta kepada Presiden RI untuk menarik pasukan organik dan tidak lagi  melakukan opsmil di Nduga.

"Akan lebih beradab jika langkah tindak yang diambil oleh pihak keamanan yaitu melakukan langkah-langkah persuasif dan mengejar pelaku penembakan. Bukan melakukan operasi militer yang sangat membatasi ruang gerak mereka dan menambah trauma bagi warga sipil yang notabene adalah pemuda dan pemudi Gereja di wilayah itu,” ujarnya.

Dalam doa bersama dan aksi 1000 lilin yang digelar, lanjut Robert, kiranya kuasa kasih Tuhan yang akan bertindak untuk memulihkan dukacita di Nduga, sehingga duka dan trauma tidak berlarut-larut menghantui warga Gereja di Nduga.

"Kami doakan semua yang terlibat dalam konflik Nduga. Mulai dari Pemerintah, TNI/Polri sampai dengan warga sipil disana supaya ada kasih dan damai sejahtera Tuhan bagi mereka dan tidak ada pertumpahan darah lagi di tanah Papua,” ujarnya.

Pdt. Sherli Parinussa Ketua PGGP (Persekutuan Gereja-Gereja Papua) Provinsi Papua Barat mengatakan, kasus Nduga dan opsmil di sana harus dihentikan, dan penyelesaian kasus utama dalam insiden itu harus dengan cara-cara manusiawi yang aman tanpa menelan korban jiwa. 

"Pemuda di Manokwari, juga prihatin dan duka karena kita satu di dalam Tuhan, pemuda Gereja tidak berdaya secara fisik tapi dalam Tuhan kami kuat. Bersyukur kita bisa ibadah aktivitas dengan aman tapi pemuda kristen di Nduga tidak seperti kita jadi mari kita berdoa bersama. Kita berdoa supaya pihak keamanan diberi hikmat Tuhan untuk selesaikan persoalan Nduga dengan cara-cara kemanusiaan yang adil dan beradap,” ujar Sherli.

 Sherli juga meyakini bahwa persoalan kemanusiaan di tanah Papua tidak bisa deselesaikan dengan kekerasan tapi harus dengan damai, karena damai yang sejati hanya ada pada Tuhan.(*)

loading...

Sebelumnya

Bupati Manokwari laporkan ke polisi pencatut dan penyebar video hoaks

Selanjutnya

Kemegahan kantor Gubernur Papua Barat tak sesuai dengan isinya

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe