Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Saireri
  3. Hujan dan banjir, warga Morgo Nabire terima kiriman ‘paket’
  • Selasa, 08 Januari 2019 — 15:20
  • 284x views

Hujan dan banjir, warga Morgo Nabire terima kiriman ‘paket’

Warga RT 01 RW 01 Kelurahan Morgo Distrik Nabire Kabupaten Nabire sering menerima kiriman ‘paket’ berupa sampah bila terjadi banjir dari Kali Nabire.
Sampah yang berhamburan di pekarangan rumah warga RT 01 RW 01 Kelurahan Morgo Distrik Nabire Kabupaten Nabire – Jubi/Titus Ruban

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Nabire, Jubi – Warga RT 01 RW 01 Kelurahan Morgo Distrik Nabire Kabupaten Nabire sering menerima kiriman ‘paket’ berupa sampah bila terjadi banjir dari Kali Nabire.

Kali Nabire adalah sungai yang mengalir di tengah kota Nabire. Sungai ini memisahkan empat kelurahan, yakni Kelurahan Karang Tumaritis yang bersebelahan dengan Kelurahan Bumi Wonorejo, serta Kelurahan Morgo yang bersebelahan dengan Kelurahan Kalibobo.

“Kalau hujan dan banjir, sampah selalu datang dan sampai di halaman rumah,” ujar Demas Karubaba, seorang warga Kelurahan Morgo, saat ditemui Jubi, Selasa (8/1/2019).

Sampah tersebut, menurut Karubaba, merupakan limbah rumah tangga seperti popok bayi sekali pakai dan botol plastik. Kiriman ‘paket’ sampah ini sudah menjadi rutinitas bila datang hujan lebat. Sampah itu dibawa arus dari hulu sungai.

“Sudah jadi langganan kalau banjir, seperti hujan beberapa hari lalu,” sambungnya.

Selain sampah, muara Kali Nabire juga tertutup pasir sehingga air tidak bisa menembus laut. Ini salah satu penyebab sampah ‘lari’ ke halaman rumah penduduk.

“Air tidak mengalir ke laut, makanya sampah biasa tertahan di sini,” terangnya.

Demas Karubaga mengatakan dirinya sering melihat ada pegawai ASN yang datang dan memotret sampah-sampah tersebut. Tetapi dirinya tidak tahu pasti dari dinas mana dan apa tujuan mengambil gambar.

Ketua RT 01, Kores Mobalen, menambahkan upaya yang dilakukan selama ini adalah sehabis hujan dan banjir, warga bergotong-royong membersihkan sampah yang berserahkan.

“Kalau hujan dan banjir selesai, kami biasa ramai-ramai bersihkan halaman yang kotor. Tapi ya begitu, datang banjir lagi, sampah ada lagi,” terangnya.

Jubi berusaha mendatangi dinas terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, namun hingga berita ini disiarkan belum dapat bertemu. (*)

loading...

Sebelumnya

Puluhan kios di Pasar Kalibobo Nabire tidak difungsikan

Selanjutnya

Dana desa dioptimalkan, 20 kampung di Distrik Warsa nikmati penerangan

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe