Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Dinas Tanaman Pangan pasang strategi untuk petani
  • Selasa, 08 Januari 2019 — 17:10
  • 473x views

Dinas Tanaman Pangan pasang strategi untuk petani

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolof Yoku, mengatakan pihaknya dalam mempersiapkan diri memberi bekal para petani berupa strategi penanaman bibit sayur mayur, umbi-umbian, serta buah-buahan yang dapat dipanen dalam jangka pendek.
Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Jayapura, Adolof Yoku, saat menunjukkan bibit buah duku di UPTD Pembibitan buah - Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
Editor : Dewi Wulandari

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolof Yoku, mengatakan pihaknya dalam mempersiapkan diri menghadapi iven nasional seperti PON XX yang akan digelar tahun 2020 dan hari-hari besar keagamaan, memberi bekal para petani berupa strategi penanaman bibit sayur mayur, umbi-umbian, serta buah-buahan yang dapat dipanen dalam jangka pendek.

Menurutnya, awal tahun adalah waktu yang tepat untuk melakukan sosialisasi dan pemberian bibit serta fasilitas pendukung secara moderen kepada para petani sehingga nanti di bulan ketiga para petani dapat kembali membuka lahan mereka untuk menanam.

“Tahun 2019 kita akan evaluasi kembali bidang tanaman pangan juga holtikultura. Karena besok ini ada kegiatan besar yang harus dihadapi 2019 dan 2020. Apalagi untuk PON 2020,” jelas Adolof Yoku, saat ditemui di Kantor UPTD Pembibitan Buah di Sentani, Selasa (8/1/2019).

Dikatakan, untuk menghadapi hal tersebut pihaknya telah menginventarisir semua kelompok petani dan lahan di wilayah pembanganuan I, II, III, dan IV.

Kelompok tani ini, lanjut Yoku, akan dibagi dalam beberapa kelompok, di antaranya kelompok sayur mayur, buah-buahan, dan umbi-umbian. Artinya, bahwa pangan lokal yang memang didahulukan.

“Misalnya di bulan ketiga tahun ini semua petani mulai melakukan penanaman maka di tengah tahun bulan Juni untuk buah dan sayur sudah dapat dipanen. Ada hari besar keagamaan seperti Idulfitri. Ini persiapan-persiapan yang memenag rutin dilakukan. Nantinya di tahun 2020 sudah ada hasil dalam jumlah yang cukup besar,” katanya.

Sementara itu, Jefri, seorang petani sayur di Kampung Toware, yang memiliki lahan seluas satu hektare, mengaku dirinya sangat menekuni pekerjaan yang sudah dikerjakan selama tiga tahun belakang ini.

“Dalam setahun kita bisa melakukan panen sayur sebanyak tiga hingga empat kali, tinggal menyesuaikan waktu tanam kita dengan tanaman sayur,” ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Empat indikator yang harus diperbaiki menuju Adipura

Selanjutnya

200 kasus curanmor ditangani Polsek Sentani Kota selama 2018

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe