Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Tak ada aktivitas jual beli di Pasar Doyo Baru
  • Kamis, 10 Januari 2019 — 10:47
  • 335x views

Tak ada aktivitas jual beli di Pasar Doyo Baru

Memasuki awal tahun 2019, Pasar Doyo Baru masih terlihat sepi. Tak tampak aktivitas jual beli di pasar rakyat tersebut. Bahkan los pasar di bagian dalam terlihat sepi sekali. Tidak ada penjual yang mengatur dagangannya di atas meja-meja di dalam pasar itu.
Pasar Doyo Baru yang terlihat sepi tidak ada aktivitas jual beli - Jubi/Yance Wenda

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi - Memasuki awal tahun 2019, Pasar Doyo Baru masih terlihat sepi. Tak tampak aktivitas jual beli di pasar rakyat tersebut. Bahkan los pasar di bagian dalam terlihat sepi sekali. Tidak ada penjual yang mengatur dagangannya di atas meja-meja di dalam pasar itu.

Saat Jubi menyambangi pasar tersebut, Rabu (9/1/2019) pagi menjelang siang, bagian dalam pasar terlihat kumuh, sama sekali tidak ada aktivitas jual beli. Meja-meja tempat berjualan seakan tak bertuan. Tenda yang dipasang semakin lapuk terkikis panas dan hujan. Ada kios yang pintu dan papannya rusak. Di bagian depan pasar, hanya ada tiga ibu yang berjualan sayur, bumbu dapur, dan ayam potong.

Ibu Ima, penjual bumbu dapur di Pasar Doyo Baru, mengatakan pemerintah daerah harus tegas menertibkan pedagang di beberapa ‘pasar kaget’ di seputaran Sentani kota, salah satunya di depan Polres Jayapura.

"Pemerintah kasih biar penjual seperti di Polres sana, seharusnya itu dipertegas agar semua pedagang masuk di pasar yang telah dibangun pemerintah ini," ucapnya.

Jika semua ‘pasar kaget’ di Sentani dan sekitarnya ditertibkan, kata Ima, pendapatan daerah dari retribusi pasar akan jelas.

"Cuma ada pembicaraan dari luar kalau di pasar ini ada yang bilang dipunggut biaya untuk masuk dan segala. Setahu saya itu sama sekali saya tidak dipunggut biaya, makanya saya bertahan di sini," jelasnya, saat ditemui Jubi di lapak tempatnya berjualan.

Ima mempunyai alasan mengapa tetap bertahan berjualan di Pasar Doyo Baru meski sepi pembeli dan pendapatan tidak terlalu besar.

"Di sini fasilitas lengkap. Ada air, listrik, dan tempatnya juga bagus. Kita pedagang patungan beli pulsa listrik. Kalau tagihan lain tidak ada kok. Saya itu nikmati saja apa adanya, daripada di sana (Polres Jayapura-Red) angkat-angkat barang, belum lagi titip barang harus bayar," kata Ima.

Ia berharap dinas terkait lebih tegas bersikap kepada pedagang yang di jalan-jalan agar semua itu terarah berjualan di pasar yang telah disediakan pemerintah.

"Kalau bisa dipertegas jika ada yang keluar dari pasar lagi kasih sanksi denda berapa, supaya mereka itu tobat. Karena tidak tegas, makanya mereka mau bikin pasar di mana itu terserah mereka, yang penting ada lahan kosong mereka bikin sudah pasar," kata Ima.

Mama Tiara, penjual lain yang masih bertahan di Pasar Doyo Baru, mengatakan sebenarnya pasar ini sudah lebih aman dan baik namun pemerintah saja yang kurang tegas kepada pedagang.

"Semua fasilitas ada, air, listrik, toilet, apa yang kurang. Kalau soal pembeli itu kadang ada kadang tidak, ada tergantung saja," ucapnya.

Jika gedung ini tidak difungsikan, sayang gedung ini hanya dibangun begitu saja.

"Kalau tidak digunakan nanti jadi tempat kumuh, sayang sudah dibangunkan dengan dana yang besar tapi tidak difungsikan," kata Tiara. (*)

loading...

Sebelumnya

Hujan terus menerus, di kebun pun sayur langka

Selanjutnya

Pendamping Desa banting setir jadi pengemudi ojek online

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe