Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Mamta
  3. KAPP berharap OPD Otsus gerakkan ekonomi kerakyatan Papua
  • Kamis, 10 Januari 2019 — 16:43
  • 890x views

KAPP berharap OPD Otsus gerakkan ekonomi kerakyatan Papua

Semoga adanya badan Otsus ini dapat menjawab persoalan Papua dalam segala aspek
Ketua Kamar Adat Pengusaha Papua Musa Haluk ketika memberikan keterangan pers kepada wartawan - (Jubi/Doc).
Hengky Yeimo
Editor : Syam Terrajana

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi - Rencana dibentuknya Badan atau Organisasi Perangkat Daerah, (OPD) yang menangani khusus Otonomi Khusus (Otsus) oleh Gubenur Provinsi Papua, mendapat dukungan dari Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) Papua.

Ketua KAPP Papua Musa Haluk mengatakan, dukungan itu berangkat dari penilaian bahwa implementasi dan penanganan dana Otsus dalam membangun OAP, boleh dikatakan selama ini tidak tepat sasaran. Tidak memberikan dampak yang signifikan dan positif bagi kemajuan OAP di segala pilar penting kehidupan, selama 18 Tahun Otsus bergulir.

"KAPP memandang dalam injury time Otsus ini tak kalah penting mendukung kebijakan gubernur Papua terkait pembentukan badan Otsus, merupakan suatu bentuk evaluasi kinerja lima tahun kepemimpinan Bapak Lukas Enembe yang lalu dan merupakan sebuah solusi kongkret guna penyelesaian permasalahan OAP atas kesenjangan sosial,” ujar Musa Haluk, kepada wartawan Kamis, (10/1/2019)..

Dia berharap OPD yang baru itu dapat berpegang pada substansi Otsus itu sendiri yaitu untuk mengatasi lemahnya keberpihakan terhadap OAP contohnya di bidang pendidikan kesehatan, keagamaan, ekonomi.

Untuk itu, KAPP memberikan apresiasi kepada pemerintah Papua atas upaya yang positif demi kajian OAP dan berharap bisa bermanfaat bagi OAP.

"Semoga adanya badan Otsus ini dapat menjawab persoalan Papua dalam segala aspek, khususnya di bidang ekonomi kerakyatan sektor dan sektor riil tak kalah penting juga pengusaha jasa dan kontruksi menengah dan tingkat bawah termasuk mama Papua dapat berperan aktif dalam membangun ekonomi Papua ," katanya.

Merujuk kepada regulasi sesuai peraturan daerah khusus provinsi Papua nomor 18 tahun 2008 tentang perekonomian basis kerakyatan. Acuan lainnya pada pada Bab I pasal 1 nomor 27 KAPP yang menyebutkan adalah mitra pemerintah provinsi Papua dalam rangka pemberdayaan ekonomi berbasis kerakyatan.

"Kami juga berharap sekarang setelah badan Otsus dibentuk ,dalam hal pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang juga didukung oleh petunjuk teknis (juknis)pelaksanaannya dengan demikian tentu sebagai mitra pemerintah kami dapat mengoptimalisasi peran KAPP guna mengawal visi gubernur, sampai terciptanya ekonomi rakyat Papua yang mandiri di atas tanahnya sendiri," paparnya.

Sementara itu, Mewaili Pengurus KAPP Revin Tabuni juga menyampaikan apresiasi dan berharap OPD Ini akan berfokus kepada Orang Asli Papua, karena masyarakat butuh tindak nyata yang harus dirasakan, maka dengan badan ini akan terarah dalam memproteksi kebutuhan masyarakat dari pendidikan, kesehatan, dan ekonomi kerakyatan.

Ia juga berharap adanya dukungan dari akademisi, untuk bersama - sama melakukan kajian agar badan tersebut tepat sasaran.(*)

 

loading...

Sebelumnya

Solpap minta rencana peresmian pasar perbatasan RI-PNG ditunda

Selanjutnya

Dulu pendamping distrik, kini ojek online

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe