Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Penkes
  3. Tokoh Masyarakat: Aktifkan kembali pelayanan kesehatan di Nduga
  • Kamis, 10 Januari 2019 — 17:00
  • 735x views

Tokoh Masyarakat: Aktifkan kembali pelayanan kesehatan di Nduga

Selain itu, Lokbere meminta agar pelayanan kesehatah jangan hanya terfokus pada Distrik Mbua tetapi juga terhadap Distrik Yigi dan 30 distrik lainnya yang ada di Kabupaten Nduga.
Kepala Dinas Kesehatan Papua, drg. Aloysius Giyai – Jubi/Humas UP2KP.
Roy Ratumakin
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Pasca insiden penembakan karyawan PT Istaka Karya yang diduga dilakukan kelompok bersenjata pada awal Desember 2018 lalu mengakibatkan pelayanan kesehatan di sejumlah puskesmas di wilayah tersebut terhenti.

Melihat hal tersebut tokoh masyarakat Nduga, Yek Lokbere meminta kepada pihak Pemerintah Provinsi Papua, dalam hal ini Dinas Kesehatan Papua membantu Dinas Kesehatan Kabupaten Nduga untuk mengaktifkan kembali pelayanan kesehatan.

“Banyak petugas kesehatan yang meninggalkan Nduga akibat kejadian tersebut. Untuk itu saya meminta kepada pihak Dinkes Papua untuk pelayanan kesehatan di wilayah Nduga agar berjalan kembali, karena ada beberapa masyarakat yang butuh penanganan medis pasca kejadian,” tulis Lokbere di lembar form pengaduan Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP), Rabu (9/1/2019) sesuai rilis yang diterima Jubi.

Selain itu, Lokbere meminta agar pelayanan kesehatah jangan hanya terfokus pada Distrik Mbua tetapi juga terhadap Distrik Yigi dan 30 distrik lainnya yang ada di Kabupaten Nduga.

“Saya sampaikan apresiasi Gubernur Papua sudah berikan bantuan berupa makanan kemarin. Tetapi kami juga butuh pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Papua, drg. Aloysius Giyai mengatakan, pada Senin lalu (7 Januari 2019), ia sudah mengirim tim kesehatan yang turun ke Nduga. Tim dipimpin Kepala Unit Pelaksana Teknis AIDS, TB, dan Malaria (ATM), Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Beeri Wopari.

Tim terdiri dari lima tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Provinsi dan digabung dengan tenaga kesehatan di Nduga dan telah tiba di Distrik Mbua, pada Selasa (8/1/2019).

“Tim ini berangkat bersama-sama dengan Kepala Dinas Sosial Provinsi Papua yang serahkan bantuan Gubernur Papua ke tiga ditrik yakni Mbua, Dal dan Bulmulyama. Jadi tim ini melakukan pengobatan massal dan mendeteksi penyakit yang diderita masyarakat Nduga di tempat-tempat pengungsian pasca insiden penembakan Desember tahun lalu,” kata Giyai.

Menurut Giyai, pada prinsipnya ia sangat berharap pelayanan kesehatan bagi masyarakat Nduga kembali normal. Hanya saja, ia ingin memastikan Pemerintah Daerah setempat, dalam hal ini Bupati Nduga harus memberi jaminan keamanan agar para petugas kesehatan bisa nyaman bekerja melayani masyarakat di setiap Puskesmas atau Pustu.

“Saya malah berencana kerjasama dengan Tim Kesehatan dari Kemenkes untuk menurunkan tim kesehatan ke Nduga yang lebih banyak dan mengimbau semua petugas kesehatan yang tinggalkan Nduga kembali ke tempat tugas. Yang penting Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati harus memberi jaminan keamanan bagi petugas kesehatan. Kita juga tidak mau terjadi apa-apa dengan petugas kita,” ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Mahasiswa Lanny Jaya jangan hanya fokus mau jadi ASN

Selanjutnya

Kabupaten Jayapura berhasil capai 100 persen ibu melahirkan selamat

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe