Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. DPR Papua harus evaluasi kinerja
  • Kamis, 10 Januari 2019 — 21:41
  • 695x views

DPR Papua harus evaluasi kinerja

Ia berharap, pimpinan dewan mengundang pihak sekretariat, semua unsur pimpinan, para pimpinan fraksi untuk duduk bersama melalukan eveluasi secara transparan.
Ketua Fraksi Hanura DPR Papua, Nikius Bugiangge (kanan) bersama Ketua Sinode Gereja Kingmi, Pdt. Benny Giay pada suatu kesempatan - Jubi. Dok
Arjuna Pademme
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Ketua Fraksi Hanura DPR Papua, Nikius Bugiangge mengatakan, mestinya setiap tahun DPR Papua mengevaluasi kinerjanya dan menyampaikan hasilnya kepada rakyat, agar masyarakat tahu apa saja yang dilakukan dewan selama setahun. Misalnya selama masa jabatan anggota DPR Papua periode 2014-2019. 

"Mestinya setiap tahun ada evaluasi. Setidaknya pimpinan dikumpulkan, sekretariat dikumpulkan, dievaluasi apa yang dikerjakan selama setahun. Apa saja aspirasi rakyat yang disuarakan dan hasil evaluasi itu disampaikan ke rakyat, agar rakyat tahu apa yang dikerjakan DPR Papua setiap tahun," kata Nikius Bugiangge via teleponnya kepada Jubi, Kamis (10/1/2019) malam. 

Namun menurutnya, selama ini hal tersebut tidak dilakukan lembaga dewan, sehingga Nikius menyarankan agar setelah paripurna RAPBD Papua Tahun Anggaran (TA) 2019, atau selama masa paripurna berjalan dilakukan evaluasi total terhadap kinerja DPR Papua periode lima tahun ini. 

"Banyak masyarakat yang tidak percaya lagi pada anggota DPR Papua. Saat kami turun reses atau kunjungan kerja (kunker), kami hanya berjanji kepada masyarakat namun realisasinya tidak ada. Ketika kami kembali turun reses dan kunker, itu menjadi beban bagi kami," ujarnya. 

Ia berharap, pimpinan dewan mengundang pihak sekretariat, semua unsur pimpinan, para pimpinan fraksi untuk duduk bersama melalukan eveluasi secara transparan. Hasilnya disampaikan kepada rakyat menganai apa saja yang dikerjakan para anggota DPR Papua sejak terpilih, agar rakyat dapat menilai dan melihat hasil kerja dewan. 

Ia tidak ingin masyarakat menganggap semua anggota dewan sama, sehingga saat anggota dewan reses ke daerah pemilihan atau melakukan kunker, masyarakat selalu menganggap anggota dewan hanya datang memberi janji, dan tidak berbuat apa pun. 

"Padahal ada di antara kami anggota dewan yang selama ini benar-benar terus berupaya menyuarakan aspirasi masyarakat. Perlu ada dana aspirasi rakyat untuk menjawab aspirasi masyarakat. Tapi selama ini tak dianggarkan," ucapnya. 

Kata Nikius Bugiangge, selama ini banyak aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada pihaknya saat reses dan kunker. Namun ketika pihaknya menyampaikan ke lembaga, tidak ditindaklanjuti. 

"Makanya saya bilang perlu evaluasi total. Rakyat yang memilih kami sehingga kami harus bertanggung jawab terhadap rakyat," katanya. 

Legislator Papua lainnya, Laurenzus Kadepa mengatakan hal yang sama. Ia mengatakan, hingga kini belum melihat wajah lembaga DPR Papua yang sesungguhnya. 

"Selama ini tidak ada jawaban pasti terhadap aspirasi masyarakat. Begitu ada aspirasi mestinya langsung ditindaklanjuti," kata Kadepa kepada Jubi belum lama ini. 

Ia mengatakan, aspirasi yang dihimpun para anggota dewan saat reses dan kunker tidak ditindaklanjuti meski telah disampaikan dalam berbagai rapat dewan, melalui laporan fraksi dan komisi. (*) 


 

loading...

Sebelumnya

Ketua Fraksi Hanura DPR Papua kritik penundaan sidang RAPBD

Selanjutnya

Usai pemeriksaan, Kadis Kehutanan Papua langsung ditahan

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe