Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Domberai
  3. Pemilu 2019, Papua Barat dijamin kondusif
  • Jumat, 11 Januari 2019 — 19:51
  • 799x views

Pemilu 2019, Papua Barat dijamin kondusif

"Yang utama adalah keamanan. Ketika aman, maka warga akan menentukan pilihannya dengan damai sesuai hati nuraninya tanpa paksaan. Kondisi inilah yang menjadi harapan pemerintah Papua Barat,” ujar Mandacan di Manokwari belum lama ini.
Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dalam sebuah kegiatan di Manokwari belum lama ini - Jubi/Hans Arnold Kapisa.
Hans Kapisa
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Manokwari, Jubi - Jelang pelaksanaan pemihan Presiden, DPR, DPRD dan DPD, wilayah Papua Barat harus tetap aman dan kondusif. Dikatakan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, pesta demokrasi lima tahunan/pemilihan umum merupakan bentuk demokrasi sesungguhnya di Indonesia sehingga setiap warga negara yang terdaftar sebagai pemilih tetap, adalah warga Negara yang mempunyai hak untuk menentukan pilihan tanpa intervensi.

"Yang utama adalah keamanan. Ketika aman, maka warga akan menentukan pilihannya dengan damai sesuai hati nuraninya tanpa paksaan. Kondisi inilah yang menjadi harapan pemerintah Papua Barat,” ujar Mandacan di Manokwari belum lama ini.

Tanggal 17 April 2019, kata Mandacan, tinggal dua bulan lagi sehingga semua pihak, baik itu Penyelenggara, kontestan pemilu legislatif di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota harus bersama-sama dengan rakyat untuk menjamin keamanan bersama sebelum, saat pencoblosan dan sesudah pencoblosan sampai penetapan.

"Selaku kepala Daerah, saya imbau agar semua pihak yang terlibat dalam pemilu 2019 khususnya di wilayah Papua Barat agar bisa jamin keamanan di wilayah masing-masing. Tidak mudah terpancing dengan berbagai informasi yang tidak berguna. Rakyat harus pintar memilah informasi yang benar dan tidak benar,” ujarnya.

Mandacan juga berpesan seluruh masyarakat harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) bukan sebaliknya. Karena saat ini banyak sekali berita di media sosial dan berbasis internet yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan.

"Memang benar kemajuan Iptek di era digitalisasi saat ini tidak dapat dipungkiri dan ini bukti kemajuan bangsa. Hanya saja kembali kepada pribadi setiap orang (pengguna/user) sebagai manusia yang berakal serta diberi pengetahuan dan hikmat Tuhan pasti bisa memilah informasi untuk disampaikan ataupun diteruskan kepada orang banyak (publik) apalagi menyangkut suku, ras dan agama (SARA) yang berpotensi ciptakan konflik,” ujar Mandacan.

Lebih lanjut Mandacan menegaskan bahwa meski secara nasional, Papua Barat dikategorikan sebagai daerah rawan satu dalam pemilu 2019, namun secara regional di daerah pihaknya jamin keamanan selama proses pemilu berlangsung.

"Skema kerawanan pemilu secara nasional, Papua Barat dikategorikan rawan satu. Tapi saya ajak seluruh warga Papua Barat agar kita balik skema itu bahwa Papua Barat adalah daerah aman satu dalam pemilu mendatang,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Papua Barat, Marleni Momot yang dikonfirmasi Jubi tentang pengawasan terhadap tahapan pemilu khsusnya bagi calon legislatif (caleg) di wilayah Papua Barat yang akhir-akhir ini menggunakan media sosial dan media daring sebagai sarana menarik perhatian konstituen namun tidak mempertimbangkan dampak dalam informasi yang disampaikan,  tidak merespons, hingga berita ini ditayangkan. (*)

loading...

Sebelumnya

Penyelundupan Miras ratusan botol digagalkan Pos Pamrahwan

Selanjutnya

Bawaslu Teluk Wondama koordinasikan Gakkumdu dengan Kejari Manokwari

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe