Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Lima legislator PAW DPR Papua akhirnya dilantik
  • Sabtu, 12 Januari 2019 — 17:35
  • 817x views

Lima legislator PAW DPR Papua akhirnya dilantik

"Kami pimpinan DPR Papua hanya melaksanakan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri," kata Ketua DPR Papua, Yunus Wonda usai pelantikan PAW. 
Proses pelantikan lima legislator Papua PAW - Jubi/Arjuna Pademme
Arjuna Pademme
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Lima legislator Papua pergantian antara waktu (PAW) sisa masa jabatan 2014-2019, dilantik melalui paripurna istimewa di ruang paripurna DPR Papua, Jumat (11/1/2019) malam.

Kelima legislator Papua PAW itu berasal dari dua partai berbeda yakni Gerindra dan Hanura. Dua kader Gerindra yang dilantik yaitu Irenius Liku Bolly menggantikan Yanni dan Ronald Engko menggantikan John Ibo. 

Sementara tiga kader partai Hanura yang dilantik yakni Letinus Jikwa menggantikan Yan Mandenas, Ino Sentia Gebze menggantikan Stefanus Kaisiepo, dan Adolfina Dimara menggantikan Wilhelmus Pigai. 

Pelantikan PAW itu dilakukan DPR Papua, karena ada di antara anggota dewan sebelumnya mengundurkan diri lantaran ikut pilkada, pindah partai dalam pencalonan legislatif (pileg) 2019, dan menjalani hukuman pidana dalam kasus korupsi. 

"Kami pimpinan DPR Papua hanya melaksanakan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri," kata Ketua DPR Papua, Yunus Wonda usai pelantikan PAW. 

Menurutnya, jika ada pihak yang keberatan dengan pelantikan PAW itu, dan menyalahkan pimpinan dewan, hal tersebut keliru, karena apa yang dilakukan pihaknya bukan tanpa dasar hukum. 

Katanya, SK Mendagri tidak keluar begitu saja. Ada berbagai persyaratan dan lampiran dokumen yang harus dipenuhi sebelum SK itu dikeluarkan kementerian. 

"Silakan kalau mau memproses (menempuh jalur hukum) terkait SK Mendagri dan keputusan partai. Kami hanya melaksanakan amanat Mendagri," ucapnya. 

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Herry Dosinaen mengatakan, pelantikan PAW itu merupakan salah satu tugas konstitusional yang diamanatkan dalam UU nomor 23 tahun 2014, sehingga harus dilaksanakan. 

"Atas  nama gubernur dan seluruh jajaran Pemprov Papua, kami mengapresiasi upaya DPR Papua dalam memproses pelaksanaan pelantikan sesuai amanat UU. Selamat bertugas dan mengemban amanah rakyat di lembaga dewan, kepada lima anggota DPR Papua PAW," kata Herry. (*) 

loading...

Sebelumnya

Pendeta Nataniel Tabuni tak pernah buat pernyataan tentang Pendeta Gemin Nirigi

Selanjutnya

Kamal: 52 pertanyaan dilayangkan, JJO kooperatif

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe