Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Kamal: 52 pertanyaan dilayangkan, JJO kooperatif
  • Sabtu, 12 Januari 2019 — 17:40
  • 787x views

Kamal: 52 pertanyaan dilayangkan, JJO kooperatif

Kata Kombes Kamal, JJO resmi ditetapkan sebagai tersangka san langsung dilakukan penahanan terhadap yang bersangkutan di rumah tahanan (rutan) Polda setempat, usai menjalani pemeriksaan lanjutan, Jumat (11/1/2019).
JJO (tengah) didampingi kuasa hukumnya saat diperiksa penyidik Dit Reskrimsus Polda Papua - Dok. Humas Polda Papua.
Roy Ratumakin
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Juru bicara Polda Papua, Kombes Pol A.M. Kamal mengatakan, pemeriksaan terhadap Kepala Dinas (Kadis) Kehutanan Provinsi Papua berinisial JJO sebelum ditetapkan sebagai tersangka, berlangsung lancar. Kamal menyebut pula, JJO bersikap kooperatif.

"Dia (JJO) bersikap kooperatif saat diperiksa. Ada 52 pertanyaan yang kami ajukan, namun ada beberapa pertanyaan JJO enggan mengakuinya dan ada beberapa pertanyaan yang JJO akui dilakukannya," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Kamal menjawab pertanyaan Jubi, Sabtu (12/1/2019) di Polda Papua.

Kata Kombes Kamal, JJO resmi ditetapkan sebagai tersangka san langsung dilakukan penahanan terhadap yang bersangkutan di rumah tahanan (rutan) Polda setempat, usai menjalani pemeriksaan lanjutan, Jumat (11/1/2019).

"Dia ditahan selama 20 hari, namun dalam 20 hari tersebut apabila berkasnya belum P21 maka diajukan perpanjangan 20 hari penahanan lagi oleh penyidik Polri. Nah, kalau perpanjangan tahanan tersebut masih belum P21 lagi maka akan diajukan lagi 20 hari penahanan. Jadi totalnya ada 60 hari. Selanjutnya kalau dalam 60 hari tersebut belum P21, maka langkah selanjutnya adalah kewenangan kejaksaan untuk melakukan penahanan selama 60 hari lagi guna menyelesaikan berkasnya sebelum digelar sidang perdana," ujarnya.

Disinggung pihak penasehat JJO yang akan melayangkan surat penangguhan tahanan, Kamal mengatakan hal tersebut wajar, dan soal itu adalah kewenangan pimpinan (Kapolda Papua) untuk memutuskannya.

"Penangguhan penahanan itu bisa dilakukan apabila tersangka sedang sakit (dilihat dari riwayat kesehatannya), bersikap kooperatif dalam pemeriksaan, tidak menghilangkan barang bukti, dan tidak meninggalkan wilayah hukum tempat dirinya ditetapkan sebagai tersangka hingga proses persidangan selesai dan berkekuatan hukum tetap," katanya.

Kuasa hukum JJO, Anton Raharusun mengatakan, jika menyimpulkan hasil dua kali pemeriksaan terhadap kliennya, tak ada indikasi kuat jika JJO terlibat pemerasan.

"Kami akan melakukan permohonan penangguhan penahanan terhadap klien kami," kata Anton Raharusun.

Sekadar diketahui, penyidik Polda Papua memeriksa JJO setelah ia ditetapkan sebagai tersangka, 4 Januari 2019, dalam kasus dugaan pemerasan. Dari tangan JJO didapati uang senilai Rp500 juta.

Uang tersebut diduga bagian dari nominal senilai Rp2,5 miliar yang diminta oknum berinisial FT untuk penyelesaian kasus pembalakan liar yang ditangani PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil) Dinas Kehutanan Provinsi Papua.

FT tertangkap dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT), 7 November 2018. Dari tangan yang bersangkutan diamankan barang bukti uang senilai Rp 500 juta. JJO disangkakan dugaan tindak pidana penyertaan dalam tindak pidana pemerasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 368 jo Pasal 55 ayat (1) KUHP. Ancaman hukumannya paling lama sembilan tahun penjara. (*)

loading...

Sebelumnya

Lima legislator PAW DPR Papua akhirnya dilantik

Selanjutnya

JJO akan jadi saksi pengiriman 57 kontainer kayu ilegal

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe