Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. JJO akan jadi saksi pengiriman 57 kontainer kayu ilegal
  • Sabtu, 12 Januari 2019 — 17:47
  • 867x views

JJO akan jadi saksi pengiriman 57 kontainer kayu ilegal

"Pastinya dia (JJO) akan kami periksa juga dan tidak menutup kemungkinan apabila JJO juga terlibat maka dirinya akan ditetapkan sebagai tersangka dan akan dijatuhkan pasal berlapis dari dua kasus yang berbeda," ujarnya.
Ilustrasi kayu ilegal yang diamankan di pelabuhan Jayapura, Agustus 2018 lalu - Jubi. Dok
Roy Ratumakin
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Kayu ilegal yang berhasil diamankan Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) KLHK, Lantamal VI Makassar, dan Armada II TNI Angkatan Laut (AL) di pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (6/1/2019) masih dalam proses penyelidikan oleh pihak Polda Papua.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Papua, Kombes Pol. A.M. Kamal kepada Jubi, Sabtu (12/1/2019) mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan lidik ( penyelidikan) pengumpulan berkas terkait kasus tersebut.

"Saat ini kami masih mendalami dan mengecek siapa yang memberikan izin pengiriman  kayu ilegal tersebut," katanya.

Dikatakan, untuk saat ini belum satupun saksi yang diperiksa oleh pihaknya, namun Kombes Kamal mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil orang-orang yang mempunyai kaitan dengan kasus tersebut sebagai saksi.

"Saksi sih belum ada. Tapi dalam waktu dekat kami akan memanggil orang-orang yang terkait akan hal tersebut. Saat ini masih pengumpulan berkas," ujarnya.

Disinggung apakah ada keterlibatan oknum dari Dinas Pehubungan, Kombes Kamal mengatakan pihaknya belum menentukan hal tersebut.

“Pastinya masih lidik. Saat ini yang mempunyai kewenangan adalah Dinas Kehutanan Papua, dan kami siap membantu untuk menuntaskan kasus ini," katanya.

Kata Kombes Kamal tidak menutup kemungkinan Kepala Dinas Kehutanan Papua berinisial JJO yang kini berstatus sebagai tersangka dan telah ditahan di rumah tanahan (rutan) Polda Papua dalam kasus yang berbeda akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus tersebut.

"Pastinya dia (JJO) akan kami periksa juga dan tidak menutup kemungkinan apabila JJO juga terlibat maka dirinya akan ditetapkan sebagai tersangka dan akan dijatuhkan pasal berlapis dari dua kasus yang berbeda," ujarnya.

Sebelumnya Legislator Papua, John NR Gobai mempertanyakan siapa saja pihak yang terlibat di balik pengiriman 57 kayu ilegal tersebut.

Menurutnya, jika pelabuhan pemberangkatannya berada di Papua, mestinya tak dapat dikirim jika dokumennya tidak lengkap. 

"Sebelum kayu dimuat untuk diberangkatkan, kan diperiksa dokumen kelengkapannya di pelabuhan muat. Ini seperti lelucon. Ada indikasi ada oknum ikut bermain dalam meloloskan kayu itu dari  pelabuhan muat," kata John Gobai, Kamis (10/1/2019).

Katanya, jika kayu tersebut dimuat dan diberangkatkan dari pelabuhan Jayapura, maka terkesan pengawasannya lemah, padahal di ibu kota Provinsi Papua itu merupakan markas pihak terkait.

"Pertanyaan saya bagaimana dengan Polres Jayarapura Kota, KP3 Laut, Polda, Bea Cukai, Polisi Perairan, dan lainnya. Ini semua di Kota Jayapura," ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Kamal: 52 pertanyaan dilayangkan, JJO kooperatif

Selanjutnya

Lukas Enembe: Pileg 2019 berpotensi konflik karena sistem Noken

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe