TUTUP
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Anim Ha
  3. Kursi panas sang ketua dewan
  • Kamis, 17 Januari 2019 — 08:24
  • 388x views

Kursi panas sang ketua dewan

Fransiskus Sirfefa diusulkan dicopot dari jabatannya karena dianggap tidak loyal terhadap partai.
Ketua DPRD Merauke Fransiskus Sirfefa menerima aspirasi guru, beberapa waktu lalu – Jubi/Frans L Kobun
Ans K
Editor : Aris Munandar
LipSus
Features |
Kamis, 31 Januari 2019 | 11:00 WP
Features |
Rabu, 30 Januari 2019 | 10:08 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

POSISI Fransiskus Sirfefa sebagai Ketua DPRD Merauke, terancam. Kursi empuknya mulai digoyang para sejawat dari partainya sendiri.

Sirfefa didapuk sebagai pemimpin DPRD Merauke, sejak tiga tahun lalu. Dia menggantikan Kamizia Mekiuw yang meninggal. Selama menjabat, kader Gerindra ini dianggap tidak pernah berpihak kepada kepentingan partai.

Ketua Partai Gerindra Merauke, Steven Abraham, pun mengajukan pergantian Sirfefa kepada pengurus pusat di Jakarta, Juli tahun lalu. Akan tetapi, pengajuan itu tak kunjung direspons.

Belakangan, tersiar kabar bahwa pengajuan tersebut disetujui Jakarta. Namun, kepastian itu ditepis Steven. Steven justru masih menunggu surat keputusan pergantian Sirfefa.

“Saya melihat kinerja Sirfefa kurang dalam membela dan bekerja untuk partai. Apalagi, pemilu dan pemilihan presiden tinggal beberapa bulan ke depan,” kata Steven mengungkapkan alasan pencopotan Sirfefa, saat dihubungi pada Senin (14/1/2019).

Anggota DPR RI ini mengaku keraguan terhadap loyalitas Sirfefa kepada partai juga didapati dari laporan masyarakat. Sepak terjangnya selama menjabat tidak pernah mendukung kepentingan dan kebijakan Gerindra.

Pengurus Gerindra di Merauke mengajukan pertimbangan kepada pengurus pusat bahkan telah menyiapkan Daniel Walinaulik sebagai pengganti Sirfefa. Akan tetapi, keputusan terakhir tetap berada di pengurus pusat sebagai induk partai mereka.

“Bagi saya, dia (Walinaulik) layak menjadi ketua, dan bisa melaksanakan tugas serta tanggung jawab yang diamanatkan partai,” ungkap Steven.

Tak pengaruhi dewan

Usul pencopotan Ketua DPRD Merauke diajukan sepaket dengan pergantian antarwaktu (PAW) terhadap Kanizia Mekiuw. Vincent Mekiauw diusulkan untuk menggantikan posisi mendiang sebagai anggota DPRD Merauke.

Sirfefa masih enggan mengomentari upaya pencopotannya sebagai Ketua DPRD Merauke. Dia saat dihubungi, mengaku sedang berada di luar daerah.

“Maaf, saya masih di luar daerah. Nanti balik, baru saya infokan (beri keterangan),” katanya, menjawab pesan instan seluler dari Jubi.

Rumor mengenai rencana pencopotan Sirfefa juga sampai ke telinga koleganya di pimpinan dewan. Namun, mereka belum  bisa memastikan kebenarannya.

Wakil Ketua DPRD Merauke, Marotus Solikah, mengaku tidak ingin mencampuri rencana penggantian Sirfefa. Dia menggangap permasalahan tersebut merupakan urusan internal Gerindra.

“Kami tak mempunyai kewenangan melakukan intervensi lebih jauh.”     

Solikah juga  menjamin pergantian pucuk pimpinan DPRD Merauke tidak bakal mengganggu tugas kedewanan  mereka. Pimpinan legislatif  bersifat kolektif kolegial sehingga tidak bergantung sepenuhnya kepada satu pemimpin.

“Kita tunggu saja (keputusan) dari partai, Ketua DPRD Merauke benar diganti atau tidak. Yang pasti, sidang maupun kegiatan lain tetap berjalan normal di dewan,” pungkasnya.  (*)

loading...

Sebelumnya

Ketua BKMT Merauke: Mari kita rawat persaudaraan

Selanjutnya

Pecandu aibon butuh sentuhan pemerintah

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe