TUTUP
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Penkes
  3. Setelah jadi kampung KB, Binyeri siap dijadikan kampung wisata
  • Kamis, 17 Januari 2019 — 18:49
  • 635x views

Setelah jadi kampung KB, Binyeri siap dijadikan kampung wisata

Kampung Binyeri terletak sekitar 23 KM arah Barat Kota Biak. Kampung yang memiliki jumlah penduduk 426 jiwa dengan 98 Kepala Keluarga adalah kampung nelayan yang paling banyak menyuplai ikan ke Pasar Biak.
Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua Sarles Brabar saat berada di depan Balai Kampung Binyeri, Distrik Yendidori, Kabupaten Biak Numfor pada kegiatan 2017 – Jubi/ BKKBN Papua.
Roy Ratumakin
Editor : Edho Sinaga
LipSus
Features |
Kamis, 31 Januari 2019 | 11:00 WP
Features |
Rabu, 30 Januari 2019 | 10:08 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Perwakilan BKKBN Provinsi Papua berencana akan menjadikan Kampung Binyeri, di Distrik Yendidori, Kabupaten Biak Numfor sebagai kampung Keluarga Berencana (KB) percontohan nasional sekaligus kampung wisata.

“Tahun ini kami dari BKKBN Provinsi Papua akan membangun gapura di Kampung Binyeri dan menempatkan semua ikon-ikon dari semua OPD terkait yang terlibat di kampung KB itu sebagai satu tujuan wisata sehingga semua kepala kampung di Biak Numfor maupun Papua secara umum, bisa datang belajar di sana. Sebab semua program teritegrasi, termasuk pemanfaatan dana desa,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua Sarles Brabar, dalam rilis yang diterima, Jubi, Kamis (17/1/2019).

Kampung Binyeri terletak sekitar 23 KM arah Barat Kota Biak. Kampung yang memiliki jumlah penduduk 426 jiwa dengan 98 Kepala Keluarga adalah kampung nelayan yang paling banyak menyuplai ikan ke Pasar Biak. Sejak 28 Agustus 2017, kampung ini dicanangkan menjadi Kampung KB oleh Kepala BKKBN Pusat Dr. Surya Chandra Surapaty dan mantan Bupati Biak Numfor Thomas E. Ondi kala itu.

Kata Brabar, terpilihanya Binyeri menjadi kampung KB percontohan tingkat Nasional karena di kampung ini, sejumlah OPD di Biak Numfor seperti Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata, dan  Dinas Pertambangan dan Mineral secara bersama-sama mengambil bagian dalam program secara integrasi di kampung itu.

“Ini yang kita harapkan bahwa kami dari BKKBN membuka jalan, lalu tinggal OPD lain datang bersama-sama melihat potensi dan kebutuhan masyarakat di kampung itu dan lakukan peran mereka sesuai tupoksi. Misalnya Dinas Perikanan bantu apa, Pariwisata bantu apa, jadi bukan melulu soal KB,” ujarnya.

Kepala Kampung Binyeri, Yakob Binwasef mengatakan sejumlah OPD yang sudah datang memberikan bantuan di Kampung Binyeri antara lain Dinas Perikanan Biak Numfor yang telah menyerahkan 40 unit freezer atau pendingin dan 40 coolbox pada tahun 2017 sebagai tempat penyimpanan ikan hasil tangkapan warga. Selain itu, saat ini bantuan motor tempel dan fiber bagi nelayan di kampung itu juga sedang dalam proses pelelangan di dinas terkait.

“Kemudian Dinas Pariwisata Biak Numfor juga membantu kami dalam bina wisata kampung. Lalu perumahan stimulan sebanyak 35 unit dari Kementerian PUPR juga sedang dibangun, dan Dinas Pertambangan dan Mineral yang siap mengebor air minum. Yang sedang mempersiakan diri untuk masuk ke kampung kami adalah dari BUMN yaitu Pertamina untuk datang merenovasi gedung sekolah SMA Negeri Samber dan SD YPK Baitel Samber. Untuk kesehatan, perkembangan jarak anak tiap keluarga rata-rata sudah 2 tahun,” kata Binwasef. (*)

loading...

Sebelumnya

Isu kesehatan remaja di Jayapura masih dianggap tabu

Selanjutnya

SMA dengan sistem SKS ala Perguruan Tinggi

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe