TUTUP
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Ekonomi Samoa Amerika Serikat perlu distabilkan
  • Jumat, 18 Januari 2019 — 09:58
  • 595x views

Ekonomi Samoa Amerika Serikat perlu distabilkan

Pabrik Samoa Packing menutup operasinya pada tahun 2009, sementara Samoa Tuna Processors menyusul pada tahun 2016.
Gubernur Lolo Moliga pada acara pembukaan badan legislatif, Fono, tahun 2019. - RNZI/ Monica Miller
Elisabeth Giay
Editor : Galuwo
LipSus
Features |
Kamis, 31 Januari 2019 | 11:00 WP
Features |
Rabu, 30 Januari 2019 | 10:08 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Pago-pago, Jubi - Gubernur Samoa Amerika Serikat, dalam pembukaan bersama sidang perdana badan legislatif, juga disebut Fono, ke-36, berkata bahwa keadaan ekonomi wilayah itu tidak kuat dan masih terombang-ambing, akibat penutupan dua pabrik pengalengan ikan.

Pabrik Samoa Packing menutup operasinya pada tahun 2009, sementara Samoa Tuna Processors menyusul pada tahun 2016.

Gubernur menerangkan, ekonomi wilayah itu masih ditopang oleh dua pilar, pabrik pengalengan ikan satu-satunya yang masih ada, StarKist Samoa, dan pemerintah. Tetapi ia berharap akan bisa menambahkan pilar ketiga.

Gubernur menguraikan beberapa masalah yang mengancam keberlanjutan StarKist Samoa, termasuk Penjaga Pantai Amerika Serikat (USCG) dan UU lingkungan hidup, dan upah minimum lebih yang jumlahnya lebih dari AS$ 5.56 per jam, dibandingkan dengan negara-negara dengan industri pengalengan tuna lainnya, yang membayar upah sebesar AS$ 1 per jamnya.

Lolo berbicara mengenai sanksi AS$ 6,9 juta yang harus dibayar oleh StarKist, setelah melakukan pelanggaran atas UU perlindungan lingkungan hidup, tetapi menambahkan sisi positif dari situasi tersebut dimana untuk pertama kalinya wilayah tersebut, akan menerima sebagian dari denda itu.

Gubernur menambahkan kepada Fono bahwa StarKist memerlukan semua bantuan yang ada, karena 5.000 pekerjaan bergantung pada kelangsungan pabrik pengalengan itu.

Pidato Gubernur itu juga menjelaskan, investasi pemerintah dalam proyek Hawaiki Submarine Cable System mencerminkan upaya pemerintah dalam menciptakan pilar ekonomi ketiga, untuk semakin menstabilkan ekonomi Samoa Amerika. (RNZI)

loading...

Sebelumnya

PM Samoa diminta naikkan upah minimum

Selanjutnya

Dikunjungi PM Australia, Vanuatu netral

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe