TUTUP
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Kepala kampung harus paham aturan APBK
  • Senin, 21 Januari 2019 — 17:28
  • 363x views

Kepala kampung harus paham aturan APBK

“Bapak Bupati dalam arahannya sangat jelas kepada seluruh aparat kampung dalam mendistribusikan anggaran harus berdasarkan APBK yang dimiliki. Di luar dari itu maka risiko ditanggung yang bersangkutan,” jelas Johanes Mandowalli, saat ditemui di Sentani, Senin (21/1/2019).
Kepala Distrik Yokari, Johanes Mandowalli, saat wawancara di Sentani - Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
[email protected]
Editor : Dewi Wulandari
LipSus
Features |
Kamis, 31 Januari 2019 | 11:00 WP
Features |
Rabu, 30 Januari 2019 | 10:08 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Kepala Kampung diharapkan mampu menterjemahkan dan mengikuti aturan yang telah tertuang dalam Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (APBK).

Kepala Distrik Yokari, Johanes Mandowalli, yang belum lama ini melantik Kepala Kampung Meukisi dan Busoryo, dalam arahannya menegaskan hal ini kepada aparat kampung untuk benar-benar dilaksanakan.

Menurutnya, dalam masa kepemimpinan kepala kampung yang tidak melaksanakan aturan sesuai dengan APBK yang ditetapkan, jalur hukum adalah proses yang akan ditempuh.

“Bapak Bupati dalam arahannya sangat jelas kepada seluruh aparat kampung dalam mendistribusikan anggaran harus berdasarkan APBK yang dimiliki. Di luar dari itu maka risiko ditanggung yang bersangkutan,” jelas Johanes Mandowalli, saat ditemui di Sentani, Senin (21/1/2019).

Dikatakan, sudah menjadi keharusan bagi semua kepala kampung untuk memahami dan mengatahui atauran tentang sistem pengelolaan anggaran di kampung.

Pengalaman sebelumnya, kata Mandowalli, bahwa ada kepala kampung di Distrik Yokari yang ditetapkan sebagai tersangka karena salah melaksanakan kewenangannya. Kendati demikian, lanjutnya, ini bukan hal yang perlu ditakutkan dalam melaksanakan sistem pemerintahan kampung.

“Intinya adalah melaksanakan apa yang sudah tertuang dalam APBK, karena hal tersebut yang menjadi rel dalam mengoperasikan semua sistem keuangan kampung,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, mengatakan ada tiga sumber dana yang diturunkan langsung ke kampung, yakni Alokasi Dana Kampung (ADK) dari pemerintah kabupaten, Alokasi Dana Desa (ADD) Pemerintah Pusat, dan Prospek dari pemerintah provinsi.

“Dalam setiap penggunaan anggaran oleh pemerintah kampung, wajib hukumnya untuk membuat laporan penggunaan anggaran setiap tahapnya. Dengan demikian ada informasi yang akurat terhadap penggunaan anggaran dalam setiap tahapan penerimaan anggaran tersebut,” kata Bupati Awoitauw. (*)

loading...

Sebelumnya

Narkoba masuk Distrik Yokari lewat jalur laut

Selanjutnya

BPK serahkan laporan pemerikasaan dana ADD, BOS, dan PIP

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe