TUTUP
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. LPRI: Masyarakat ingin Wabup Keerom segera dilantik
  • Senin, 21 Januari 2019 — 20:01
  • 618x views

LPRI: Masyarakat ingin Wabup Keerom segera dilantik

Ia mengatakan, sebagai bentuk desakan kepada pemerintah Kabupaten Keerom dan pihak terkait lainnya, masyarakat di wilayah itu menggelar demo damai di halaman kantor bupati, Senin (21/1/2019). 
Suasana pertemuan LPRI dengan anggota Komisi I DPR Papua, Yonas Nusy dan Feri Omaleng di ruang rapat komisi - Jubi/Arjuna Pademme
Arjuna Pademme
[email protected]
Editor : Edho Sinaga
LipSus
Features |
Kamis, 31 Januari 2019 | 11:00 WP
Features |
Rabu, 30 Januari 2019 | 10:08 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Ketua Lembaga Pengawasan Reformasi Indonesia (LPRI) Papua, Elisa Bouway mengatakan, masyarakat Kabupaten Keerom mendesak pihak terkait segera melantik Piter Gusbager sebagai wakil bupati (wabup) di wilayah itu, sesuai hasil paripurna DPRD Keerom, 26 November 2018 lalu. 

Ia mengatakan, sebagai bentuk desakan kepada pemerintah Kabupaten Keerom dan pihak terkait lainnya, masyarakat di wilayah itu menggelar demo damai di halaman kantor bupati, Senin (21/1/2019). 

"Kabarnya kini bupati berada di luar daerah dan baru kembali, 26 Januari 2019 mendatang. Masyarakat mengancam akan memalang kantor bupati hingga bupati kembali dan menjelaskan langsung kepada masyarakat proses pelantikan wakil bupati," kata Elisa Bouway usai bersama pengurus LPRI Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura bertemu anggota Komisi I DPR Papua, Senin (21/1/2019). 

Menurutnya, semua tahapan penentuan siapa yang akan menggantikan M. Markum sebagai wakil bupati Keerom setelah yang bersangkutan kini menempati jabatan bupati, setelah bupati sebelumnya Calcius Watae meninggal dunia, sudah sesuai mekanisme.

Bahkan DPRD Keerom telah memparipurnakan penetapan Piter Gusbager sebagai pihak yang akan menempati posisi wakil bupati. Selain itu kata Elisa Bouway, informasi yang didengar pihaknya, gubernur sudah mengirim rekomendasi ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) agar SK pelantikan wakil bupati Keerom segera diproses. 

"Kami berharap semua dilakukan sesuai aturan main. Kalau melenceng dari aturan, akan bertentang dengan Undang-Undang nomor 10 tahun 2016. Kami akan kawal ini," ucapnya. 

LPRI berharap, DPR Papua dapat mengambil langkah membantu penyelesaian sengkarut kapan pelantikan wakil bupati Keerom itu, dengan menyurati gubernur secara kelembagaan terkait rekomendasi pelantikan ke Kemendagri, agar semua dapat diperjelas. 

Anggota Komisi I DPR Papua bidang pemerintahan, politik, hukum dan HAM, Yonas Nusy yang bersama rekannya Feri Omaleng bertemu pengurus LPRI mengatakan, pihaknya akan menyampaikan aspirasi itu kepada pimpinan DPR Papua, dan segera menyurati Pemprov Papua serta Kementerian Dalam Negeri agar pelantikan calon wakil bupati yang sudah melalui mekanisme dan telah diusulkan dapat segera dilantik. 

"Dengan begitu pemerintahan di Kabupaten Keerom dapat berlangsung baik, ada keseimbangan, agar pelayanan publik kepada masyarakat maksimal," kata Nusy. 

Ia berharap tak ada pihak tertentu yang berupaya berupaya menghambat proses calon wakil bupati Keerom, dengan berbagai manuver di Kementerian Dalam Negeri. 

"Calon wakil bupati yang akan dilantik itukan anak asli Keerom. Ia mendapat kepercayaan masyarakat, dan dituangkan dalam keputusan paripurna DRPD Keerom," ujarnya. (*) 

loading...

Sebelumnya

Kampanye di rumah ibadah bisa kena pidana

Selanjutnya

Jikwa: Wajar gaji guru ditahan jika tak aktif mengajar

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe