TUTUP
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lapago
  3. 26 tahanan dan narapidana Lapas Wamena kabur lagi
  • Rabu, 23 Januari 2019 — 10:21
  • 552x views

26 tahanan dan narapidana Lapas Wamena kabur lagi

Serahkan diri dari pada kita bertindak tegas tembak di tempat
Video dari kamera pengawas (CCTV) di dalam area Lapas Wamena, Nampak sejumlah tahanan dan narapidana berusaha melarikan diri-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
[email protected]
Editor : Syam Terrajana
LipSus
Features |
Kamis, 31 Januari 2019 | 11:00 WP
Features |
Rabu, 30 Januari 2019 | 10:08 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Wamena, Jubi - Sebanyak 26 orang tahanan dan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Wamena, melarikan diri pada Selasa (22/1/2019),sekitar pukul 16.21 WP.

Dari keterangan petugas Lapas Wamena, para tahanan dan narapidana kabur dengan cara menjebol pagar besi dan melompat lewat tembok dekat pos pemantau sebelah barat.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Tonny Ananda Swadaya mengungkapkan, saat kejadian para narapidana yang kabur ini sempat menganiaya seorang petugas Lapas sehingga mengalami luka cukup parah, akibat dipukul dengan kayu balok dan harus dilarikan ke rumah sakit.

“Dari 26 orang kabur ini, lima orang kami berhasil tangkap kembali, tiga di antaranya harus dilumpuhkan akibat melawan. Dan rata-rata semuanya saat dilakukan pengejaran berada sekitar satu kilo meter dari area Lapas,” ujar Tonny Ananda kepada wartawan di Mapolres Jayawijaya, Selasa malam.

Ia menyebutkan, sejak kejadian kaburnya tahanan dan narapidana itu kepolisian terus berusaha mengejar, dengan melibatkan 50 personel. Ia juga menghimbau agar sisa narapidana yang masih belum didapatkan itu dapat menyerahkan diri.

"Serahkan diri dari pada kita bertindak tegas tembak di tempat," kata dia.

Katanya, polisi akan melakukan pengembangan terhadap peralatan yang didapat narapidana untuk menjebol pagar diperoleh dari mana.

“Saya akan menyikapi atas kejadian ini, otomatis ke depan saya akan melakukan kerjasama untuk mengirim anggota kami untuk mem back up menjaga Lapas dengan menempatkan personil, tetapi harus ada MoU terlebih dahulu dengan Lapas,” katanya.

Ia juga menilai kondisi pengamanan Lapas Wamena sangat tidak memenuhi syarat, dimana jumlah petugas lebih sedikit dari warga binaan yang ada, sehingga dari segi pengamanan kurang tertata baik.

“Tahanan di Lapas ini sangat tidak memenuhi syarat, dimana tahanan lebih banyak dari petugas, dari segi pengamanan juga kurang safety atau terjamin sehingga kita akan kerjasama, mungkin kami juga libatkan dari Brimob untuk pengamanan di Lapas,” katanya.

Kepala Lapas Klas IIB Wamena, Yusak Bin Sabetu saat dikonfirmasi menyebutkan, ada Sembilan orang narapidana dan 13 orang tahanan yang masih berkeliaran di luar.

Ia juga mengaku jika peralatan yang didapat narapidana untuk menjebol pagar lembaga didapat dari samping lembaga yang di lempar masuk.

“Kalau di dalam Lapas sudah bersih semua, tidak ada lagi alat-alat apapun. Apalagi pada Kamis pekan lalu ada razia dengan TNI sehingga sudah bersih,” ujar dia. Saat kejadian, Yusak tidak berada di tempat karena sedang tugas dinas di luar daerah.

Kaburnya tahanan dan narapidana ini diakuinya karena kondisi tembok Lapas yang sangat tidak memenuhi syarat.

“Mereka kabur lewat belakang kiri sebelah barat yang memang tidak memenuhi syarat terlalu pendek temboknya, sehingga kemungkinan akan kembali terulang, karena kami tidak punya anggaran untuk merehab itu semua,” katanya.

Ini bukan yang pertamakalinya terjadi. Sebelumnya, pada 2 Noveber 2018, sebelas narapidana di Lapas yang sama juga berhasil kabur dengan cara merusak pagar kawat Lapas dengan menggunakan gunting kawat dan parang.(*)

 

 

loading...

Sebelumnya

Tak kerjakan PR, guru pukul murid

Selanjutnya

Jika terpilih, awasi pembangunan khususnya untuk rakyat

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe