Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. BMD harus dikelola secara profesional
  • Kamis, 04 Mei 2017 — 17:32
  • 2137x views

BMD harus dikelola secara profesional

Hal itu sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 19 tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) dan Metode Penatausahaan Barang Milik Daerah, serta Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2016 tentang APBD Kabupaten Jayapura tahun anggaran 2017. 
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw saat diwawancarai – Jubi/Dok.
Engelbert Wally
Editor : Timoteus Marten

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw meminta agar Barang Milik Daerah (BMD) dikelola secara profesional dan sesuai aturan yang berlaku.

Hal itu sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 19 tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) dan Metode Penatausahaan Barang Milik Daerah, serta Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2016 tentang APBD Kabupaten Jayapura tahun anggaran 2017. 

Aturan-aturan ini telah disosialisasikan dan dilakukan bimbingan teknis (bimtek) bagi selulur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura. 

Ia mengatakan, Pemerintah telah mengeluarkan dan mengesahkan Permendagri nomor 19 tahun 2016 dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 27 tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Penyempuranaannya, serta keputusan terkait lainnya di bidang pengelolaan BMD. 

“Pengelolaan barang milik daerah harus dikelola secara profesional dan sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga dari pengelolaan tersebut mendatangkan manfaat yang sebesar-besarnya guna mendukung pelaksanaan tugas pemerintah dan pembangunan daerah, secara khusus  terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” katanya kepada Jubi di Sentani, Kamis (4/5/2017).

Dikatakan, untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait sistem pengelolaan BMD, semua unsur pimpinan OPD telah dibekali dengan bimtek. Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan agar semua pimpinan OPD yang telah mengikuti bimtek dapat bersinergi dan menyatukan persepsi tentang BMD dan pemanfaatannya.

“Pengelolaan BMD ini tidak terlepas dari apa yang telah kita pertahankan selama ini tentang opini pengelolaan keuangan yang baik, yaitu wajar tanpa pengecualian (WTP). Oleh sebab itu, semua OPD harus bersinergi dalam pengelolaan BMD kita secara baik, secara khusus kepada semua aset daerah yang hingga saat ini belum dimaksimalkan,” katanya. 

Kepala Bidang Aset pada Badan pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Jayapura Leonard Piter Upessy mengatakan, perlu ada sinergitas dan pemahaman yang sama dalam pengelolaan BMD, sehingga dari sistem dan pengelolaan yang baik, ada pemasukan yang berdampak pada pendapatan asli daerah (PAD).

“Masih banyak yang belum memahami tentang BMD ini, sementara BMD ini ada di setiap OPD dilingkup Pemerintah daerah. Oleh sebab itu, beberapa waktu lalu kita melaksanakan bimtek untuk sama-sama memahami sistem pengelolaan BMD ini sendiri. Karena sistem pengelolaan yang saat ini sedang dijalankan sudah bukan manual lagi. Oleh sebab itu semua OPD haru paham dan mengerti cara pengelolaannya dengan baik,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

PDBI bakal gelar lomba marching band 

Selanjutnya

Pansus pilkada tetap laksanakan tugasnya usai paripurna

Simak Juga

Terkini

Populer
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 23425x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 19129x views
Lingkungan |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 15631x views
Meepago |— Rabu, 12 Desember 2018 WP | 12668x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe