Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Penkes
  3. Balai Bahasa terbitkan 6 kamus bahasa daerah Tanah Papua
  • Jumat, 05 Mei 2017 — 08:43
  • 3391x views

Balai Bahasa terbitkan 6 kamus bahasa daerah Tanah Papua

"Kami sudah terbitkan enam kamus bahasa daerah, enam kamus tersebut ada yang kami kerjakan sendiri, namun ada juga kami menggandeng pemerintah daerah dan Badan Bahasa pusat," katanya.
Koordinator Pemetaan Bahasa, Balai Bahasa Papua dan Papua Barat Yohanis Sanjoko menunjukan salah satu kamus dwibahasa Papua – Jubi/Roy Ratumakin.  
Roy Ratumakin
Editor : Syofiardi

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1
 
Jayapura, Jubi – Balai Bahasa Papua dan Papua Barat telah menerbitkan enam kamus bahasa daerah Tanah Papua. Hal ini dikatakan Koordinator Pemetaan Bahasa, Balai Bahasa Papua dan Papua Barat Yohanis Sanjoko kepada Jubi di Jayapura, Kamis (4/5/2017).
 
"Kami sudah terbitkan enam kamus bahasa daerah, enam kamus tersebut ada yang kami kerjakan sendiri, namun ada juga kami menggandeng pemerintah daerah dan Badan Bahasa pusat," katanya.
 
Sanjoko menambahkan, enam kamus dwibahasa tersebut adalah Kamus Dwibahasa Iha (Bahasa Indonesia-Iha), Kamus Dwibahasa Biak (Biak-Indonesia), Kamus Dwibahasa Skouw (Skouw-Indonesia), Kamus Dwibahasa Namla (Namla-Indonesia), Kamus Dwibahasa Kinam-Sota (Kinam-Indonesia), dan Kamus Dwibahasa Kentuk Gresik (Kentuk-Indonesia).
 
"Kalau yang masih dalam proses pengerjaan saat ini adalah Kamus Dwibahasa Tobati (Tobati-Indonesia), mudah-mudahan dalam tahun ini sudah rampung dan siap diluncurkan,” ujarnya.
 
Terkait penyebaran kamus-kamus dwibahasa tersebut, Sanjoko mengatakan pihaknya hanya menyebarkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi, kabupaten, dan kota serta perpustakaan di seluruh kabupaten dan kota di Papua dan Papua Barat.
 
“Selanjutnya, tergantung dinas apakah kamus tersebut diturunkan dan menjadi bahan pelajaran di tingkat sekolah atau tidak, namun kami berharap kamus tersebut berguna untuk mempertahankan bahasa daerah milik pulau Papua ini yang kini sudah mencapai 372 bahasa daerah,” ujarnya.
 
Pengkaji Bahasa, Balai Bahasa Papua dan Papua Barat Ely Maramuri mengatakan, jika nilai-nilai bahasa daerah dipertahankan maka anak-anak akan memiliki banyak ragam bahasa yang dikuasainya.
 
“Misalnya satu keluarga kawin campur, bapak orang Jawa, mama orang Papua, nah, anak-anak harus diajarkan kedua bahasa tersebut, yaitu bahasa Jawa dan Papua, maka anak-anak kita akan kaya dengan bahasa dan bisa menguasai bahasa Jawa, Papua, Indonesia dan kalau di sekolah diajarkan bahasa Inggris, sudah ada empat bahasa yang bisa dikuasai oleh anak-anak kita, ini yang harus kita dorong,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Satu dari enam bahasa daerah di Kota Jayapura terancam punah

Selanjutnya

50 siswa SMA/SMK Kota Jayapura lomba pidato narkoba

Simak Juga

Terkini

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34257x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 22191x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 18556x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe