Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Kata Edison, tanam sagu harus berpijak pada perda
  • Jumat, 09 Juni 2017 — 08:41
  • 2034x views

Kata Edison, tanam sagu harus berpijak pada perda

“Perlu diperhatikan proses pembangunan yang berkembang sepuluh hingga dua puluh tahun mendatang. Tentu pohon sagu ini juga akan jadi sasaran. Oleh sebab itu, peraturan daerah yang sudah disahkan ini harus menjadi pijakan yang kuat,” katanya kepada Jubi di Sentani, Kamis (8/6/2017). 
Siswa/i dan masyarakat Kabupaten Jayapura ketika menanam sagu di kawasan Kampung Toware – Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
Editor : Timoteus Marten

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papua

Sentani, Jubi – Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Edison Awoitauw mengingatkan agar penanaman sagu di daerah ini harus berpijak pada peraturan daerah (perda) tentang perlindungan hutan sagu. 

Ia menyebutkan, sagu merupakan makanan pokok masyarakat Papua. Namun pembangunan terus dilakukan hingga mengorbankan tanaman sagu. Oleh karena itu, pihaknya mendorong langkah Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk menggerakkan tanam sagu bagi masyarakat.

“Perlu diperhatikan proses pembangunan yang berkembang sepuluh hingga dua puluh tahun mendatang. Tentu pohon sagu ini juga akan jadi sasaran. Oleh sebab itu, peraturan daerah yang sudah disahkan ini harus menjadi pijakan yang kuat,” katanya kepada Jubi di Sentani, Kamis (8/6/2017). 

Dalam perda perlindungan sagu, lanjutnya, jika satu pohon sagu ditebang, maka yang bersangkutan harus menggantikannya dengan menanam sepuluh pohon sagu. 

“Demikian juga apabila sepuluh sagu yang ditebang maka digantikan sepuluh kali lipat pohon yang ditebang,” katanya. 

Politikus Nasdem ini mengatakan, peringatan hari lingkungan hidup dengan menanam sagu di Kampung Toware, Distrik Waibhu sangat penting, sebab kondisi daerahnya sangat mendukung untuk menanam sagu. 

Dihubungi terpisah, Kepala Distrik Waibhu, Welem Felle mengatakan, pihaknya akan terus memantau penamanan sagu yang sudah dilakukan masyarakat. 

“Sagu ini sangat penting mengingat keberadaannya hingga saat ini sudah mulai berkurang jika dibandingkan dengan waktu-waktu yang lalu,” ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Paguyuban dan kerukunan harus bantu pedagang Pasar Pharaa

Selanjutnya

Pemkab Jayapura dukung PSU tapi harus selektif

Simak Juga

Terkini

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34187x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 21179x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 18092x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe