Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Penkes
  3. Setelah lulus tiga angkatan, TK/PAUD Yegeka Enarotali diresmikan
  • Jumat, 16 Juni 2017 — 12:33
  • 1073x views

Setelah lulus tiga angkatan, TK/PAUD Yegeka Enarotali diresmikan

TK/ PAUD yang bemula dari gubuk seluas 3,5 x 7 meter yang dibangun atas inisiatif Yayasan Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat (Yapkema) dan guru ini satu-satunya TK/ PAUD di kawasan Ugibutu hingga Awabutu bagian utara Paniai yang ingin ikut mengambil tanggung jawab terhadap pendidikan usia dini.
Geladi resik wisuda TK/PAUD YEGEKA (15/6) angkatan 2017 - Jubi dok
Zely Ariane
Editor : Syofiardi

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papua
 
Jayapura, Jubi – Setelah meluluskan tiga angkatan, TK/ PAUD Yegeka di Ugibutu Enarotali, Paniai akan diresmikan oleh Asisten I Sekda Kabupaten Paniai dan Kepala Dinas P dan P Paniai, Jumat (16/6/2017).
 
TK/ PAUD yang bemula dari gubuk seluas 3,5 x 7 meter yang dibangun atas inisiatif Yayasan Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat (Yapkema) dan guru ini satu-satunya TK/ PAUD di kawasan Ugibutu hingga Awabutu bagian utara Paniai yang ingin ikut mengambil tanggung jawab terhadap pendidikan usia dini.
 
“Di kawasan ini, dari Ugibutu sampai Awabutu yang terletak persis di bagian utara Kota Enarotali, dihuni lebih dari 3.500 kepala keluarga, banyak anak-anak di kawasan ini tidak mendapat pendidikan dengan baik,” kata Herison Pigai, Direktur Yapkema melalui rilisnya di situs lembaga tersebut, Kamis (15/6/2017).
 
Menurut Pigai, sekolah tingkat dasar di kawasan itu tidak ada, sehingga banyak anak-anak terjerumus dalam kenakalan, menghisap aibon, miras, tawuran, bahkan mencuri.
 
“Kemerosotan moral semakin disuburkan oleh orang-orang yang mabuk-mabukan, kawasan ini juga sering digunakan untuk lokasi penyelesaian masalah perkelahian yang terjadi di Enarotali, yang entah bagaimana jadi dibawa ke sini,” ujarnya.
 
Nur salah seorang pengajar bersama Susan, istrinya, bersama-sama mengembangkan sekolah tersebut sejak didirikan pada 2013. Menurut mereka kendala terbesar pendirian sekolah adalah dukungan orang tua.
 
“Masih ada orang tua yang tidak terlalu semangat untuk mendukung pendidikan anaknya, itu sebabnya kami juga membuat program baca tulis untuk orang tua, karena anak-anak sebagian besar waktunya ada bersama orang tua ketimbang bersama kami,” kata Nur.
 
Selain itu, lanjutnya, pemerintah kampung dan daerah melalui Dinas P dan P, pendidikan non formal juga belum terlalu mendukung. Ditambah kawasan Ugibutu yang juga sering digenangi air kalau Danau Paniai meluap.
 
“Belum ada penanganan khusus juga dari pemerintah,” kata dia.
 
Dari gubuk 3,5 X 7 meter itu kini TK/ PAUD Yegeka sudah memiliki satu gedung sekolah yang cukup buat anak-anak, perpustakaan, pembinaan buta aksara untuk Mama-Mama dan sedikit beasiswa untuk anak-anak berprestasi, tapi orang tuanya tidak mampu. (*)

loading...

Sebelumnya

Bupati Jayapura apresiasi pelayanan Puskesmas Kampung Harapan

Selanjutnya

BPJS tingkatkan layanan saat mudik Lebaran

Simak Juga

Terkini

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34506x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 23261x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 19054x views
Lingkungan |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 15606x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe