Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Mr. Hon Amkat Mai berpeluang pertahankan jabatan Gubernur Sandaun
  • Jumat, 30 Juni 2017 — 07:18
  • 1527x views

Mr. Hon Amkat Mai berpeluang pertahankan jabatan Gubernur Sandaun

Ada juga banner kandidat perempuan Carol Mayo calon nomor urut 11 untuk merebut kursi parlemen dari Provinsi Sandaun dari True Party Candidate. Begitupula kandidat laki-laki Binus Naugre calon nomor urut 21.
Satu dari beberapa spanduk yang terpasang di bagian kota Vanimo - Jubi/Dominggus Mampioper
Dominggus Mampioper
Editor :

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papua,

Jayapura, Jubi - Hon Amkat Mai berpeluang mempertahankan jabatannya sebagai gubernur Provinsi Sandaun, sebelah Timur Kota Jayapura. Hal ini dikatakan seorang warga Vanimo, Renton Jackie yang berkunjung ke perbatasan RI-PNG, Kamis (29/6/2017) kepada Jubi di tapal batas Wutung.

Menurut Jackie yang berasal dari wilayah Oksapmin Rural, peluang Mr Hon Amkat Mai, kandidat asal wilayah pegunungan Oksapmin memiliki pendukung yang banyak.

"Apalagi dia seorang guru dan menikah dengan perempuan asal Vanimo," katanya yakin.

Hal senada juga dikatakan warga Kampung Wutung Jacksen. Sebab Hon Amkat Mai sudah lama memberikan kemajuan di Provinsi Sandaun. Tak heran kalau di perbatasan Wutung PNG banyak terpasang spanduk kandidat gubernur dan anggota parlemen. John Talu Tekwie menyebutkan votim for Governor. Selain itu ada pesan yang ditulisnya “politically most qualified, best plans, powerful global networking & porfesionally ready to take Sandaun forward”.

Ada juga banner kandidat perempuan Carol Mayo calon nomor urut 11 untuk merebut kursi parlemen dari Provinsi Sandaun dari True Party Candidate. Begitupula kandidat laki-laki Binus Naugre calon nomor urut 21.

Sementara itu Komisi Pemilihan Umum PNG mengatakan pemungutan suara ditunda sampai Jumat (30/6/2017), karena para petugas TPS belum dibayar untuk tugas mereka. Demikian seperti dikutip dari Australia Plus pada Selasa (27/6/2017).

TPS dalam pemilihan umum nasional ini sudah dibuka sejak pekan lalu dengan proses pemungutan suara akan berlangsung selama dua pekan.

Namun proses pemungutan suara ini ada yang tertunda, dan juga mengalami gangguan sejak Sabtu lalu. Sementara, pemungutan suara di provinsi yang berada di dataran tinggi (highlands) dimulai Selasa (27/6/2017)ini.

Para pemantau pemilu mengatakan adanya berbagai gangguan di beberapa tempat, dengan masalah daftar pemilih dan juga pembagian surat suara.

Ribuan tentara dan polisi sudah dikerahkan ke daerah-daerah yang paling rawan gangguan di provinsi yang terletak di dataran tinggi, di mana warga setempat mengatakan para petugas TPS tidak adil dan daftar pemilih tidak akurat.

"Saya yakin bahwa kami akan bisa menangani pemilu dan menyampaikan hasil pemilu dengan aman dan bebas," kata Michael Welly seorang pejabat polisi senior PNG.

Banyak pemilih sudah memperkirakan adanya campur tangan dari para calon dalam proses pemilu, dan sudah mengancam akan melakukan tindak kekerasan bila mereka merasa pemilu tidak berjalan adil.

Perdana Menteri PNG saat ini Peter O'Neill, berharap pemilih tidak akan mempermasalahkan keadaan ekonomi dan masalah kontroversi untuk memberinya mandat menjalani periode kedua.

Masalah ekonomi dan kurangnya layanan pemerintah menjadi keprihatinan utama bagi para pemilih.

Pemimpin oposisi Don Polye, mantan menteri keuangan di pemerintahan O'Neill dalam kampanyenya banyak membicarakan kemungkinan runtuhnya perekonomian negara dan juga pinjaman yang tidak bertanggung jawab yang dilakukan pemerintah.(*)

loading...

Sebelumnya

Pemakaman kenegaraan bagi almarhum Presiden Baldwin Lonsdale

Selanjutnya

Coca-Cola Amatil Fiji Ltd menangani dampak perubahan iklim

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34319x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 22551x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 18762x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe