Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Pro dan anti kemerdekaan di Kaledonia Baru terlibat bentrokan
  • Minggu, 23 Juli 2017 — 18:46
  • 2064x views

Pro dan anti kemerdekaan di Kaledonia Baru terlibat bentrokan

Pihak Caledonia Together mengatakan bahwa demonstrasi yang dilakukan oleh sekitar 3.000 orang tersebut didasarkan pada sebuah klaim yang bertentangan dengan sikap yang diambil oleh komite yang bertanggung jawab atas ketentuan di Noumea Accord.
Kelompok pro kemerdekaan Kanak yang berdemonstrasi menuntut didaftarkan dalam daftar nama untuk referendum tahun depan - RNZI
RNZI
Editor : Kyoshi Rasiey

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Partai anti-kemerdekaan Kaledonia Baru telah menyerang kelompok yang menyelenggarakan demonstrasi pada Rabu pekan lalu di Noumea untuk meminta pendaftaran orang-orang Kanaks secara otomatis untuk referendum kemerdekaan tahun depan.

Pihak Caledonia Together mengatakan bahwa demonstrasi yang dilakukan oleh sekitar 3.000 orang tersebut didasarkan pada sebuah klaim yang bertentangan dengan sikap yang diambil oleh komite yang bertanggung jawab atas ketentuan di Noumea Accord.

Partai tersebut mengatakan bahwa komite tersebut meminta pendaftaran semua pemilih yang berhak dan tidak membuat perbedaan antara Kanaks dan non-Kanaks.

Namun sebagian penduduk di wilayah yang masih dijajah Perancis ini  menyesalkan pertikaian antara kelompok pendukung pro-kemerdekaan dan nasionalis yang terlibat dalam agitasi dan mengadakan demonstrasi berdasarkan diskriminasi terhadap non-Kanaks.

Partai tersebut mengatakan bahwa hal ini juga bertentangan dengan kampanye referendum untuk secara otomatis mendaftarkan semua orang kelahiran Kaledonia Baru terlepas dari etnisitas.

Persyaratan Perjanjian Noumea membatasi pemungutan suara pada mereka yang terdaftar sejak tahun 1998 dan keturunan mereka setelah mencapai usia pemilih.

Ada perselisihan mengenai jumlah Kanaks yang belum mendaftarkan diri untuk plebisit tahun depan karena ada klaim bahwa non-Kanaks ada di dalam daftar pemilih tanpa memenuhi kriteria domisili. (*)

loading...

Sebelumnya

Empat orang tewas dalam bentrok pemilu di PNG

Selanjutnya

Di Fiji, 50 ton tanah per hektar hilang setiap tahun

Simak Juga

Terkini

Populer
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 23373x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 19103x views
Lingkungan |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 15621x views
Meepago |— Rabu, 12 Desember 2018 WP | 12630x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe