TUTUP
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Kunjungan Bainimarama di Selandia Baru dimulai besok
  • Senin, 17 Oktober 2016 — 15:22
  • 435x views

Kunjungan Bainimarama di Selandia Baru dimulai besok

Perdana Menteri Fiji, Frank Bainimarama memulai lawatan kenegaraannya ke Selandia Baru, besok (Rabu, 18/10/2016). Lawatan tersebut merupakan lawatan pertamanya ke Selandia Baru sejak terpilih menjadi perdana menteri pada tahun 2006.  
Perdana Menteri Fiji, Frank Bainimarama dan Perdana Menteri Selandia Baru, John Key. -- RNZI
RNZI
[email protected]
Editor : Lina Nursanty
LipSus
Features |
Kamis, 31 Januari 2019 | 11:00 WP
Features |
Rabu, 30 Januari 2019 | 10:08 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Auckland, Jubi – Perdana Menteri Fiji, Frank Bainimarama memulai lawatan kenegaraannya ke Selandia Baru, besok (Rabu, 18/10/2016). Lawatan tersebut merupakan lawatan pertamanya ke Selandia Baru sejak terpilih menjadi perdana menteri pada tahun 2006.  

Sementara, di dalam negeri, Fiji mencoba menunjukkan itikad membuka ruang demokrasi dengan mencabut larangan jurnalis asing meliput di Fiji dan juga membebaskan tuntutan kepada enam tokoh oposisi yang ditangkap 10 dan 11 September lalu.

Rencana lawatan Bainimarama itu dibenarkan oleh Perdana Menteri Selandia Baru, John Key. “Selandia Baru dan Fiji memiliki ikatan kuat di berbagai bidang. Kunjungan perdana menteri Bainimarama menunjukkan bahwa kedua negara memiliki kesamaan kepentingan dan isu bersama untuk didiskusikan,” ujarnya.

Bainimarama akan disambut secara resmi di kantor pusat pemerintahan di Auckland pada Sabtu (21/10/2016) kemudian diikuti dengan pembicaraan bilateral. Sesudahnya, Bainimarama akan mengikuti upacara di Museum Perang di Auckland dan menonton Bledisloe Cup di Taman Eden pada malam harinya, sebelum ia pergi meninggalkan Selandia Baru keesokan harinya.

Bainimarama pernah mempermalukan John Key dalam pidatonya ketika menyambut John Key di Suva, Jubi pada Juni lalu. Setelah itu, Key dan Bainimarama selalu terlibat perang dingin di media. Meski begitu, Key mengundang Bainimarama untuk melakukan lawatan ke negaranya.

Pemimpin partai buruh, Andrew Little mengatakan bahwa ada perhatian khusus terhadap gejolak politik di dalam negeri Fiji, yaitu penahanan tokoh-tokoh oposisi. Hubungan diplomatik antara kedua negara selalu diliputi ketegangan karena para pemimpin saling adu komentar.

Langkah Fiji yang keluar dari perundingan PACER-Plus kian memperburuk komunikasi antara keduanya. Hal itu membuat Menteri Perdagangan Selandia Baru membatalkan kedatangannya ke Fiji pada September lalu.

Dengan latar belakang situasi seperti itu, lawatan Bainimarama ke Selandia Baru ini akan menjadi perhatian internasional, terutama politik di kawasan Pasifik. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Fiji cabut larangan meliput bagi jurnalis asing

Selanjutnya

Penduduk Manus berjuang lawan kenaikan muka air laut

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe