HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Cuci tangan pakai sabun ampuh bunuh virus corona

Kepala Puskesmas Hamadi, Apolonia Yantewo, sedang menggunakan hand sanitizer – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Puskesmas Hamadi, Apolonia Yantewo, mengatakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir salah satu cara ampuh untuk membunuh kuman salah satunya virus corona.

“Upaya efektif menjaga kebersihan tangan adalah dengan mencuci tangan,” ujar Yantewo saat ditemui di Puskesmas Hamadi, Kamis (2/4/2020).

Menurut Yantewo, kedua tangan merupakan jalur utama masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh manusia. Selain menjalankan gaya hidup sehat, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun akan mengurangi dan mencegah timbilnya penyakit.

“Kami selalu sosialisasikan kepada warga yang datang berobat ke Puskesmas Hamadi, supaya warga menjaga kesehatan, seperti kalau mau makan harus selalu cuci tangan. Kalau tidak sempat cuci tangan setiap saat sebaiknya selalu sedia hand sanitizer karena manfaatnya sama-sama ampuh membunuh kuman,” jelas Yantewo.

Petugas Kesehatan Lingkungan Puskesmas Hamadi, Ruth, mengatakan mencuci tangan adalah tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air supaya tangan bersih dari virus usai memegang tempat-tempat yang menjadi penyebaran kuman seperti gagang pintu, lemari, dan tangga.

“Sebanyak 98 persen penyebaran kuman di tubuh bersumber dari tangan. Menjaga kebersihan itu sangat penting. Sebaliknya, mengabaikan mencuci tangan pakai di saat-saat penting bisa menyebabkan diare, thypus, disentri, kolera, radang paru, dan influenza,” ujar Ruth.

Loading...
;

Pada kesempatan ini, Ruth mengajarkan cara mencuci tangan yang benar, yaitu membasahi seluruh tangan dengan air bersih mengalir, gosok-gosok ke telapak tangan, punggung tangan dan sela-sela jari, bersihkan bagian bawah kuku-kuku, bilas tangan dengan air bersih mengalir, dan keringkan tangan dengan handuk atau tisu.

“Cuci tangan pakai sabun hanya membutuhkan waktu sekitar 15 detik. Ini sangat berguna untuk membunuh kuman. Apalagi di masa pendemi virus corona sekarang maka disarankan mencuci tangan dilakukan sesering mungkin,” jelas Ruth. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Sorry. No data so far.

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)