Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Distribusi masker diutamakan kepada daerah berisiko tertular corona

Ilustrasi pengguna masker – Pexels.com.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Khairul Lie mengimbau masyarakat senantiasa menjaga kondisi kesehatan dan membudayakan pola hidup bersih. Mereka sebaiknya juga sedapat mungkin menghindari lokasi kerumunan orang.

Imbauan ini disampaikan Khairul dalam upaya pencegahan dini terhadap penyebaran virus corona di Kabupaten Jayapura. Dia juga menyampaikan pemerintah telah menyiapkan fasilitas perawatan bagi warga yang terduga terinfeksi virus corona di Papua.

“Kementerian Kesehatan telah menunjuk RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Jayapura, dan RSUD Abepura sebagai rumah sakit rujukan (untuk menangani pasien terinfeksi corona). Mereka yang berpotensi atau dinyatakan positif (terinfeksi corona) akan dirawat di ruang khusus (isolasi),” kata Khairul, Kamis (5/3/2020).

Penyebaran virus corona membuat masyarakat menjadi panik, apalagi setelah dua warga Indonesia dinyatakan positif terinfeksi virus tersebut. Warga pun berbondong-bondong memborong masker sehingga stoknya kosong dan harganya pun melambung.

Kondisi tersebut juga terjadi di Papua. Masker yang biasa hanya seharga Rp30 ribu-Rp40 ribu sekotak, kini melonjak hingga minimal Rp125 ribu-Rp130 ribu sekotak.

“Ada dua yang menyebabkan harga masker melonjak di Indonesia. Pertama, sengaja dinaikkan (oleh penjual). Kedua, kesulitan bahan baku karena harus didatangkan dari Tiongkok,” kata Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Papua Edward Manik Sihotang.

Loading...
;

Faktor lainnya ialah sebagian besar masker untuk Papua dialihkan ke sejumlah daerah yang dinilai berisiko tinggi terhadap penularan virus corona. Salah satunya ke Pulau Jawa.

“Ada upaya pemerintah untuk mengendalikan harga masker sehingga terjangkau masyarakat. Harganya berkisar Rp400-Rp500 sebuah. Kalau ada yang menjual hingga ratusan ribu rupiah (sebuah), (penjualnya) bisa dilaporkan kepada pihak berwajib,” jelas Edward, yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura.  (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Sorry. No data so far.

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top