Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Hotel dan mal di Papua akan diwajibkan memasang thermal scanner

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal saat berdiskusi dengan Sekda Papua dan Plt Kadinkes Papua. – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua akan mewajibkan seluruh hotel dan pusat perbelanjaan di Papua memasang pemindai suhu tubuh atau thermal scanner. Dengan pemindai suhu tubuh itu, petugas bisa mengenali tamu yang sedang mengalami demam, dan melakukan pemeriksaan untuk menentukan penyebab demam itu.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan menerbitkan surat edaran untuk menginstruksikan setiap hotel dan mal memasang thermal scanner. “Alat itu tidak mahal, hanya sekitar Rp300 ribu. Hotel dan mal yang tidak menjalankan instruksi itu tidak akan diizinkan beroperasi untuk sementara waktu,” kata Klemen Tinal di Jayapura, Kamis (5/3/2020).

Tinal juga mengimbau seluruh warga Papua untuk tidak sembarang menggunakan masker. Ia mengingat yang harus memakai masker adalah mereka yang sudah sakit, sehingga penyakitnya tidak tertularkan kepada orang lain.

“Bagi warga yang sehat, tidak perlu lah membeli atau memakai masker. Sebab, sekali lagi, masker itu hanya untuk mereka yang sakit,” ujar Tinal.

Ditempat yang sama. Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian Daerah Papua, Kombes Agustinus MHT mengaku merasa heran dengan perilaku orang yang memborong masker pada saat ditemukan kasus orang terinfeksi Corona. Padahal, mestinya masker tak dipakai oleh orang sehat.

“Sekarang, kalau kita mau cari masker dan hand sanitizer sudah sangat susah. Padahal menurut pakar kesehatan masker itu bukan untuk warga yang sehat. Jadi, kita yang sehat belum terpapar virus itu tidak perlu pakai masker. Kalau masyarakat borong masker, dikhawatirkan rumah sakit tidak kebagian,” kata Agustinus.

Loading...
;

Ia berharap informasi terkait masker ini disampaikan kepada masyarakat melalui iklan edukasi. Dengan demikian, masyarakat akan memiliki pengetahuan yang benar tentang cara menghindari infeksi virus Corona.

Secara terpisah, Pemilik Hotel Aston Jayapura, Fredy Tuor mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi Papua itu. “Sebenarnya saya sudah mencari alat pendeteksi suhu tubuh itu sejak sepuluh hari lalu. [Saya sudah mencari] di seluruh Jayapura, namun stoknya tidak ada,” kata Fredy.

Ia menyatakan pihaknya telah memesan pemindai suhu tubuh dari Jakarta. “Saya pun akhirnya memesan alat pendeteksi suhu tubuh di Jakarta, bersama dengan semprotan disinfektannya. Kemungkinan pekan depan sudah tiba, dan akan langsung kami pasang,” katanya.

Menurutnya, manajemen Hotel Aston Jayapura sudah mewajibkan seluruh tamu hotel untuk mengisi selembar kertas yang berisikan pernyataan tamu. “Yang harus diisi yakni, pernyataan seputar apakah [tamu] mengalami demam, batuk dan hal terkait lainnya. Dengan begitu kita harap bisa benar-benar membantu pemerintah meminimalisir peredaran virus mematikan corona,” ujarnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Sorry. No data so far.

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top