HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kota Sorong akan mendapat tambahan listrik 150 KV

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Sorong, Jubi/Antara – Kota Sorong, Papua Barat, akan mendapatkan penambahan daya listrik sebesar 150 kilovolt sebagai bagian dari program pemerintah pusat membangun pembangkit listrik berkapasitas total 35.000 megawatt hingga 2019.

Sekretaris Bappeda Kota Sorong, Onesimus Assim, di Sorong, Jumat (11/8/2017), mengatakan pemerintah daerah sudah menyiapkan lahan di Arar Kabupaten Sorong untuk pembangunan energi pembangkit tambahan dengan daya 150 KV.

“Satu gardu induk untuk aliran listrik 60 MPA akan dibangun di Distrik Aimas, Kabupaten Sorong. Sedangkan di Kota Sorong akan dibangun dua gardu induk 120 MPA,” katanya.

Aliran listrik dari pembangkit Arar Kabupaten Sorong akan melintas kawasan Intimpura, Distrik Sorong Timur, Kelurahan Giwu sampai Kelurahan Rufei, Distrik Sorong Barat, sehingga dapat menjangkau seluruh masyarakat.

Ia menyampaikan tahapan pembangunan pembangkit listrik tersebut sudah dimulai yakni pengurusan administrasi perizinan, kajian lokasi, dan pembahasan Amdal oleh pemerintah daerah dan PLN.

Selain itu, pihak PLN juga sedang melakukan pendekatan dengan masyarakat guna penyelesaian hak-hak masyarakat yang berkaitan dengan pelepasan hak ulayat, sertifikat lahan, dan ganti rugi tanaman tumbuh masyarakat.

Loading...
;

Pembangunan fisik ditargetkan tuntas pada 2018. Pembangunan pembangkit daya 150 KV ini diharapkan akan menjawab kebutuhan listrik masyarakat Kabupaten dan Kota Sorong.

Assim berharap kepada semua pihak, terutama pemilik tanah, agar memberikan dukungan sepenuhnya kepada pihak PLN dan konsultan saat melakukan pembangunan sehingga tuntas 2018.

"Ini program nasional. Apabila tidak didukung oleh semua pihak di Sorong, program ini bisa saja dialihkan ke daerah lain oleh pemerintah pusat karena pemerintah daerah bersama rakyat Sorong tidak komitmen untuk menerima serta melaksanakan program tersebut," katanya. (*)

 

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Sorry. No data so far.

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)