Days
Hours
Minutes
Seconds

MENUJU PON PAPUA 2020

Lokasi wisata yang ‘Wajib’ dikunjungi di Jayapura

Kawasan hutan mangrove di Teluk Youtefa, Kota Jayapura – Jubi/Ramah.

Papua No.1 News Portal | Jubi

KOTA Jayapura memiliki sejumlah lokasi wisata menarik. Bila Anda sedang mengunjungi ibu kota Papua tersebut, ada baiknya meluangkan waktu untuk singgah dan menikmati panorama alamnya.

Jembatan Youtefa, Pantai Hamadi, dan kawasan hutan mangrove merupakan salah lokasi wisata favorit di Kota Jayapura.  Sebelum berkunjung, simak terlebih dahulu ulasan singkat mengenai ketiga destinasi wisata tersebut.

Jembatan Youtefa

Jembatan Youtefa diresmikan Presiden Joko Widodo pada 28 Oktober tahun lalu. Jembatan ini membentang sepanjang 732 meter di tengah Teluk Youtefa.

Pembangunan jembatan penghubung Kampung Hamadi dengan Distrik Muara Tami tersebut menyabet dua penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri). Penghargaan itu ialah pengiriman rangka baja utuh terjauh, dan pemasangan rangka baja terpanjang di Indonesia.

Perjalanan ke lokasi Jembatan Youtefa ditempuh selama sekitar 1 jam dengan kendaraan bemotor dari Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura. Pengunjung bisa melintasi atau menyinggahi jembatan sembari menikmati panorama alam di sekitarnya.

Loading...
;

Pantai Hamadi

Lokasi Pantai Hamadi hanya berjarak sekitar 500 meter dari Jembatan Youtefa. Pantai Hamadi berarus tenang sehingga aman bagi pengunjung yang ingin bermain dan menikmati suasana perairannya.

Pantai Hamadi menyuguhkan pemandangan alam yang memanjakan mata. Pengunjung bisa melepaskan pandangan ke laut lepas sembari menyaksikan gulungan ombak laut yang terhempas dan pecah di bebatuan penghalang.

Pantai Hamadi dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor maupun berjalan kaki dari pintu masuk lokasi. Pihak pengelola pantai menyiapkan sejumlah para-para atau pondok untuk pengunjung bersantai di Pantai Hamadi.

Hutan Mangrove

Kawasan hutan mangrove bisa menjadi alternatif bagi wisatawan yang menyenangi petualangan. Mereka bisa menyusuri lokasi hutan dengan menyewa speed boat atau perahu dayung di dermaga di dekat kawasan Jembatan Youtefa.

Selain menikmati kehijauan hutan mangrove, pengunjung bisa meyaksikan atraksi unggas yang hinggap dan terbang bebas di alam. Kunjungan ke lokasi ini juga bisa menjadi wahana edukasi dalam pelestarian lingkungan.

Karena letaknya saling berdekatan, ketiga lokasi wisata tersebut dapat dikunjungi sekaligus dalam sehari. Ini menjadi pilihan sangat cocok bagi wisatawan yang memiliki agenda padat atau waktu terbatas saat berkunjung ke Jayapura. Anda berminat? (*)

Editor: Aries Munandar

Loading...
;