HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

TPNPB nyatakan bertanggungjawab atas penembakan di Kuala Kencana

Foto ilustrasi. – pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Komandan Operasi Markas Komando Daerah Operasi III Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, Hendrik Wamang mengaku bertanggung jawab atas penembakan yang terjadi di Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua, Senin (30/3/2020). Siaran pers PT Freeport Indonesia pada Senin menyatakan satu karyawan tewas dalam peristiwa itu, dua orang terluka parah, dan empat orang lainnya terluka ringan.

Hendrik Wamang saat dikonfirmasi Jubi menyatakan pihaknya bertanggungjawab atas penembakan yang terjadi di area Office Building PT Freeport Indonesia (PTFI) pada Senin. Ia menyatakan Kuala Kencana merupakan salah satu target Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat.

“Kami yang tembak tadi jam 14.00 WP, di Office Building. Itu sudah instruksi operasi kami. Medan perang kami di lokasi tambang Freeport, Grassberg, Kuala Kencana juga wilayah perang. Kami tidak akan berhenti sampai Freeport tutup. Jadi lebih baik Freeport tutup segera,” kata Wamang.

Siaran pers PTFI menyatakan penembakan di Kuala Kencana pada Senin itu terjadi di area perkantoran PTFI. “Kami sangat berduka atas kehilangan satu orang rekan karyawan yang meninggal dalam penembakan yang terjadi di area perkantoran PT Freeport Indonesia di Kuala Kencana,” demikian siaran pers PTFI.

Siaran pers PTFI itu tidak merinci identitas korban tewas dalam penembakan itu. Sejumlah dua korban yang dinyatakan terluka parah tengah dibawa ke RS Tembagapura. Selain itu, juga terdapat empat orang lain yang terluka ringan, dan telah mendapatkan perawatan di Kuala Kencana.

PTFI menyatakan pasukan keamanan pemerintah dan sekuriti PTFI telah mengamankan area perkantoran PTFI itu, dan mengevakuasi semua karyawan di sana. Sejumlah orang yang berada di sekitar tempat terjadinya penembakan juga telah dievakuasi.(*)

Loading...
;

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Sorry. No data so far.

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)